Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus pada Akulaku dan Kredivo Indonesia)
Abstract
Aplikasi pinjaman online menjadi sarana yang membantu kebutuhan konsumen dalam mendapatkan pembiayaan atau pinjaman dengan mudah. Penyedia layanan financial technology dalam bentuk aplikasi pinjaman online bermunculan, saling bersaing menarik minat para peminjam atau debitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara dua aplikasi pinjaman online dari segi kegunaan, mengukur dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan aspek pengalaman pengguna yang menggunakan aplikasi Akulaku dan Kredivo. Metode pengujian yang digunakan adalah usability testing dengan teknik uji system usability scale (SUS), dan metode user experience questionnaire (UEQ). Hasil pengujian SUS diperoleh rata-rata total skor 59 untuk aplikasi Akulaku sedangkan untuk aplikasi Kredivo sebesar 56. Hasil uji menempati level Marginal-Low yang menunjukan kebergunaan dan penerimaan aplikasi. Penempatan level tersebut menunjukkan bahwa secara sepenuhnya belum diterima dengan baik sebagai aplikasi pinjaman online. Hasil pengujian UEQ pada kedua aplikasi menggunakan 6 skala yaitu attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty diperoleh nilai rata-rata untuk aplikasi Akulaku sebesar (0.91, 0.39, 0.45, 0.76, 0.74, 0.22), dan untuk Kredivo (0.69, 0.44, 0.62, 0.07, 0.81, 0,27). Hasil tersebut menempati level normal sesuai ketentuan UEQ.
Kata kunci: Usability Testing, User Experience Questionnaire, Pinjaman Online
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v13i1.15085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SSN ONLINE : 2355-4614
Recommended Tools
Indexing Sites