• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus pada Akulaku dan Kredivo Indonesia) | Rohmah | JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)

    Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus pada Akulaku dan Kredivo Indonesia)

    Siti Rohmah, Maxsi Ary

    Abstract


    Aplikasi pinjaman online menjadi sarana yang membantu kebutuhan konsumen dalam mendapatkan pembiayaan atau pinjaman dengan mudah. Penyedia layanan financial technology dalam bentuk aplikasi pinjaman online bermunculan, saling bersaing menarik minat para peminjam atau debitur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara dua aplikasi pinjaman online dari segi kegunaan, mengukur dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna berdasarkan aspek pengalaman pengguna yang menggunakan aplikasi Akulaku dan Kredivo. Metode pengujian yang digunakan adalah usability testing dengan teknik uji system usability scale (SUS), dan metode user experience questionnaire (UEQ). Hasil pengujian SUS diperoleh rata-rata total skor 59 untuk aplikasi Akulaku sedangkan untuk aplikasi Kredivo sebesar 56. Hasil uji menempati level Marginal-Low yang menunjukan kebergunaan dan penerimaan aplikasi. Penempatan level tersebut menunjukkan bahwa secara sepenuhnya belum diterima dengan baik sebagai aplikasi pinjaman online. Hasil pengujian UEQ pada kedua aplikasi menggunakan 6 skala yaitu attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty diperoleh nilai rata-rata untuk aplikasi Akulaku sebesar (0.91, 0.39, 0.45, 0.76, 0.74, 0.22), dan untuk Kredivo (0.69, 0.44, 0.62, 0.07, 0.81, 0,27). Hasil tersebut menempati level normal sesuai ketentuan UEQ.

     

    Kata kunci: Usability Testing, User Experience Questionnaire, Pinjaman Online

     




    DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v13i1.15085

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    SSN ONLINE      : 2355-4614

     

    Recommended Tools

     

       

     

    Indexing Sites

     

             Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

     

    Statistics

     

    Flag Counter

    View My Stats