Mengidentifikasi Persoalan pada Proses Kolaborasi Belajar Berbasis Komputer

Christina Juliane, Iping Supriana

Abstract


Abstrak Batasan jarak, waktu, dan sumber daya menjadi persoalan klise untuk dunia pendidikan di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini. Solusi untuk mengkolaborasikan TIK ke dalam dunia pendidikan atau disebut dengan istilah Computer-Supported Collaborative Learning (CSCL) menjadi sebuah keharusan untuk mencapai tujuan dan pemerataan pendidikan. Persoalan yang menjadi hambatan dalam implementasi CSCL ini adalah adanya pengaruh motivasi dan latar belakang budaya seseorang yang berdampak pada keberhasilan aktivitas kolaborasi belajar. Motivasi adalah pendorong seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang kehadirannya selalu naik turun bahkan ada atau tiada. Terlebih lagi bila dipengaruhi oleh latar belakang budaya seseorang yang memang tidak terbiasa melakukan interaksi dan berkolaborasi dengan orang lain. Oleh karena itu diperlukan sebuah model CSCL yang dapat menciptakan lingkungan kolaborasi belajar yang kondusif yang dapat berbagi motivasi belajar diantara peserta kolaborasi dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

Kata kunci: Budaya, CSCL (Computer Supported Collaborated Learning), Kolaborasi, Motivasi

Abstract The limitation of distance, time, and resources become a cliche issues for education in the Age of Information and Communication Technology (ICT) at this time. Solutions to collaborate ICT into education or referred as Computer-Supported Collaborative Learning (CSCL) is a must to achieve the goals and equity of education. The issues that become a barrier to implement this CSCL, are the influence of motivation and cultural background of a person that affects to the successful of the collaborative learning activities. Motivation is the driving forces for someone to do or not to do something that his presence is always up and down or even exist or not. Moreover when cultural background of participants influenced the collaboration of learning especialy when they are not used to it. Therefore we need a CSCL model to build a conducives learning environment to sharing motivation among the participants of learning collaboration to achive the goals.

Keywords: Culture, CSCL (Computer Supported Collaborated Learning), Collaboration, Motivation


Full Text:

708-718


DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v6i2.1717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SSN ONLINE      : 2355-4614

 

Recommended Tools

 

   

 

Indexing Sites

 

         Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

 

Statistics

 

Flag Counter

View My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online