• https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • https://theoejwilson.com/
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://spada.ppg.ung.ac.id/mod/sthai/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://conference.uhnsugriwa.ac.id/pages/tslot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://ett.ftk.uinjambi.ac.id/pages/ligaciputra/
  • https://rechtenstudent.uinkhas.ac.id/pages/scatter/
  • http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/mod/santuymax/
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/js/bni4d/
  • https://elearning.pranataindonesia.ac.id/course/santuy4d/
  • http://ijsab.fateta.unand.ac.id/lib/pkp/zara4d/
  • Garudaslot
  • https://jikesi.fk.unand.ac.id/assets/wdbos/
  • slot thailand
  • https://e-journal.usd.ac.id/lib/pkp/scatter/
  • https://lexeconomicajournal.uinkhas.ac.id/pages/garudaslot/
  • garuda slot
  • garudaslot
  • Mengidentifikasi Persoalan pada Proses Kolaborasi Belajar Berbasis Komputer | Juliane | JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal)

    Mengidentifikasi Persoalan pada Proses Kolaborasi Belajar Berbasis Komputer

    Christina Juliane, Iping Supriana

    Abstract


    Abstrak Batasan jarak, waktu, dan sumber daya menjadi persoalan klise untuk dunia pendidikan di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini. Solusi untuk mengkolaborasikan TIK ke dalam dunia pendidikan atau disebut dengan istilah Computer-Supported Collaborative Learning (CSCL) menjadi sebuah keharusan untuk mencapai tujuan dan pemerataan pendidikan. Persoalan yang menjadi hambatan dalam implementasi CSCL ini adalah adanya pengaruh motivasi dan latar belakang budaya seseorang yang berdampak pada keberhasilan aktivitas kolaborasi belajar. Motivasi adalah pendorong seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang kehadirannya selalu naik turun bahkan ada atau tiada. Terlebih lagi bila dipengaruhi oleh latar belakang budaya seseorang yang memang tidak terbiasa melakukan interaksi dan berkolaborasi dengan orang lain. Oleh karena itu diperlukan sebuah model CSCL yang dapat menciptakan lingkungan kolaborasi belajar yang kondusif yang dapat berbagi motivasi belajar diantara peserta kolaborasi dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

    Kata kunci: Budaya, CSCL (Computer Supported Collaborated Learning), Kolaborasi, Motivasi

    Abstract The limitation of distance, time, and resources become a cliche issues for education in the Age of Information and Communication Technology (ICT) at this time. Solutions to collaborate ICT into education or referred as Computer-Supported Collaborative Learning (CSCL) is a must to achieve the goals and equity of education. The issues that become a barrier to implement this CSCL, are the influence of motivation and cultural background of a person that affects to the successful of the collaborative learning activities. Motivation is the driving forces for someone to do or not to do something that his presence is always up and down or even exist or not. Moreover when cultural background of participants influenced the collaboration of learning especialy when they are not used to it. Therefore we need a CSCL model to build a conducives learning environment to sharing motivation among the participants of learning collaboration to achive the goals.

    Keywords: Culture, CSCL (Computer Supported Collaborated Learning), Collaboration, Motivation


    Full Text:

    708-718


    DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v6i2.1717

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    SSN ONLINE      : 2355-4614

     

    Recommended Tools

     

       

     

    Indexing Sites

     

             Logo Grammarly Logo Mendeley Logo Mendeley      

     

    Statistics

     

    Flag Counter

    View My Stats