Pengukuran Kualitas SIM Akademik UNUSA Berdasarkan Persepsi Teknis, Pengguna, dan Penyedia Layanan
Abstract
Sejak tahun 2015, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) telah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Akademik. Sampai saat ini SIM digunakan untuk mendukung pengelolaan perguruan tinggi termasuk administrasi. Mengingat SIM Akademik UNUSA akan terus digunakan untuk menjalankan proses bisnis perguruan tinggi dan akan diadopsi oleh universitas lainnya maka perlu dilakukan pengukuran kualitas. Kualitas ini diukur dari 3 perspektif, yakni teknis, pengguna, dan juga penyedia layanan. Ketiga perspektif dipilih agar dapat mengetahui kualitas secara menyeluruh. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan pendekatan McCall Model. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa secara teknis, kualitas SIM Akademik UNUSA adalah baik dengan rincian sebagai berikut: dari 6 menu besar, ada 2 menu yang masih belum berfungsi sepenuhnya, yaitu rekap spp mahasiswa di bagian keuangan menu perkuliahan dan rekap kuesioner per MK di laporan baru. Efisiensi SIM cepat dengan nilai 97 untuk desktop dan 99 untuk seluler. Reliabilitas SIM Cukup dengan response time 3 r/s. Portabilitas bagus, karena kemampuan SIM ketika diakses diberbagai browser dan perangkat baik di dalam maupun luar UNUSA sama. Berdasarkan pespektif pengguna, kualitas SIM Akademik UNUSA adalah sangat baik dengan nilai 83,2%. Berdasarkan perspektif penyedia layanan, nilainya cukup hanya saja masih belum ada dokumentasi layanan secara ideal.
Kata kunci: pengukuran, kualitas, SIM Akademik, UNUSA, McCall Model
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.18495/jsi.v11i2.9271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SSN ONLINE : 2355-4614
Recommended Tools
Indexing Sites