• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • STUDI INDEKS TINGKAT PELAYANAN JALAN GUBERNUR H.BASTARI KOTA PALEMBANG DENGAN METODE GREENBERG PADA KONDISI SIANG DAN MALAM HARI DENGAN PENCAHAYAAN LAMPU JALAN | Choirudin k | Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan

    STUDI INDEKS TINGKAT PELAYANAN JALAN GUBERNUR H.BASTARI KOTA PALEMBANG DENGAN METODE GREENBERG PADA KONDISI SIANG DAN MALAM HARI DENGAN PENCAHAYAAN LAMPU JALAN

    muhamad Choirudin k

    Sari


    Sebuah jalan raya yang baik akan memungkinkan pengguna jalan untuk menggunakan jalan dengan rasa aman dan nyaman dalam berjalan kaki maupun berkendara baik di siang hari dan malam hari. Dimana lampu jalan merupakan alat bantu dalam penerangan jalan di saat malam hari yang berguna bagi pengguna jalan raya, yang dapat memberikan kenyamanan pada saat berkendara maupun berjalan kaki. Pada jalan Gubernur H.Bastari Kota Palembang terdapat lampu jalan yang masih aktif dan beroprasi dengan baik sehingga akan di teliti apakah dengan adanya lampu jalan terdapat perbedaan kecepatan kendaraan pada saat siang hari dengan malam hari dan apakah lampu jalan memiliki pengaruh terhadap kapasitas jalan tersebut.

    Dari hasil penelitian yang mengunakan metode Greenberg yang menyatakan bahwa distribusi kecepatan kendaraan di jalan Gubernur H.Bastari pada kondisi siang hari 85% melaju dengan kecepatan 57km/jam dan 56km/jam, dan 15%  kendaraan dengan kecepatan 37km/jam dan 31km/jam.Untuk di malam hari 85% melaju dengan kecepatan 61km/jam dan 49km/jam, dan15% kendaraan dengan kecepatan 42km/jam dan 34km/jam. Selisih antara pengguna kendaraan siang dan malam hari 85% adalah 4 km/jam dan 7km/jam. Sedangkan untuk selisih 15% adalah 5 km/jam dan 3 km/jam. Hal ini dapat disimpulkan juga bahwa kualitas pelayanan jalan pada kondisi siang dan malam hari tidak berubah secara signifikan atau pengaruh lampu jalan tidak mempengaruhi kualitas pelayanan jalan.

    Berdasarkan data dari grafik pada bab IV mengenai grafik indeks tingkat pelayanan, menunjukkan bahwa jalan Gubernur H.Bastari termasuk kedalam kategori tingkat pelayanan E yang dimana arus kendaraan mulai tidak stabil.

    Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan juga bahwa kualitas pelayanan jalan pada kondisi siang dan malam hari tidak berubah secara signifikan atau pengaruh lampu jalan tidak terlalu mempengaruhi kualitas pelayanan jalan.


    Teks Lengkap:

    PDF

    Refbacks

    • Saat ini tidak ada refbacks.


    http://ejournal.unsri.ac.id/public/site/images/baitullahunsri/kodebar_124
    ISSN: 2355-374X

    Diterbitkan oleh:

    Jurusan Teknik Sipil
    Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

    Alamat Kantor:
    Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan (30662)
    Phone: +62 711 580139
    Faximile: +62 711 580139

    E-mail:
    jtsl@unsri.ac.id
    sipil_ftunsri@yahoo.com

    Homepage:
    http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jtsl
    http://sipil.ft.unsri.ac.id