• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Analisa Beban Kendaraan Terhadap Derajat Kerusakan Jalan dan Umur Sisa (Studi Kasus: PPT. Senawar jaya Sumatera Selatan) | Sari | Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan

    Analisa Beban Kendaraan Terhadap Derajat Kerusakan Jalan dan Umur Sisa (Studi Kasus: PPT. Senawar jaya Sumatera Selatan)

    Dian Novita Sari

    Sari


    Pada ruas jalan Bts Prov Jambi – Peninggalan, Sumatera Selatan kendaraan yang melintas terkadang tidak sesuai dengan beban angkut maksimum yang diizinkan meskipun dengan adany Pos Pemeriksaan Terpadu (PPT) di sekitar daerah tersebut, hal ini menyebabkan pembebanan berlebihan pada perkerasan jalan yang dapat secara langsung mempengaruhi umur rencana suatu ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak beban overloading kendaraan dan derajat kerusakan pada struktur perkerasan jalan.

    Pada perhitungan ini akan didapat perhitungan umur sisa pelayanan pada ruas jalan, menganalisis umur rencana perkerasan berdasarkan hasil kumulatif ESAL pada masing-masing beban kendaraan, dan menghitung derajat kerusakan jalan.

    Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dketahui bahwa kendaraan yang melanggar Muatan Sumbu Terberat (MST) banyak terjadi. Pada golongan 4 banyaknya kendaraan yang melanggar kelebihan muatan 25% - 60% sebanyak 16 kendaraan/tahun. Pada golongan 6b banyaknya kendaraan yang melanggar kelebihan muatan 25% - >60% sebanyak 28 kendaraan/tahun. Pada golongan 7a banyaknya kendaraan yang melanggar kelebihan muatan 25%-60% sebanyak 29 kendaraan/tahun. Sedangkan untuk golongan 7c hanya 1 kendaraan yang melanggar/tahun. Dari hasil perhitungan nilai derajat kerusakan jalan pada kendaraan overloading didapatkan bahwa truk 2 as yang memliki beban >20 ton hampir sama 2 – 3 as tunggal yang lewat, truk 2 as yang memliki beban >30 ton hampir sama dengan 30-31 as tunggal yang lewat, dan truk 3 as yang memliki beban >40 ton hampir sama dengan 12-13 ton 2 as tunggal yang lewat.

    Dari hasil perhitungan umur sisa (remaining life) diketahui bahwa dalam keadaan normal dengan n selama 10 tahun didapat umur sisa 99,955% yang dapat diartikan bahwa jalan tersebut masih aman untuk 10 tahun kedepan. Sedangkan dalam keadaan kendaraan yang kelebihan muatan sesuai dengan aslinya didapat umur sisa pada tahun ke sepuluh sebesar 48,393%.


    Teks Lengkap:

    PDF

    Refbacks

    • Saat ini tidak ada refbacks.


    http://ejournal.unsri.ac.id/public/site/images/baitullahunsri/kodebar_124
    ISSN: 2355-374X

    Diterbitkan oleh:

    Jurusan Teknik Sipil
    Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya

    Alamat Kantor:
    Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan (30662)
    Phone: +62 711 580139
    Faximile: +62 711 580139

    E-mail:
    jtsl@unsri.ac.id
    sipil_ftunsri@yahoo.com

    Homepage:
    http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jtsl
    http://sipil.ft.unsri.ac.id