Pengembangan bahan ajar larutan kimia berbasis inkuiri pada pendidikan kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

Yuli Tamar Filindity

Abstract


Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berbasis inquiry learning materi larutan kimia yang telah dilakukan dan diimplementasikan pada tahun kedua di Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini dilakukan dengan desain ADDIE dan evaluasi formatif metode Tessmer. Validitas bahan ajar dinilai oleh tiga orang ahli; ahli materi, ahli pedagogik, dan ahli desain. Validitas materi 3,81 yang dikategorikan sangat valid, validitas nilai pedagogik 3,30 yang dikategorikan sangat valid, dan validitas desain 3,20 yang dikategorikan valid. Kepraktisan bahan ajar dilihat dari rata-rata skor angket pada fase one-to-one atau small group. Pada tahap one-to-one nilai kepraktisan sebesar 3,53 yang dikategorikan praktis dan pada kelompok kecil nilai kepraktisan sebesar 3,85 yang dikategorikan sangat praktis. Keefektifan bahan ajar ini terlihat dari uji studi yang dilaksanakan pada tahap uji coba lapangan. Berdasarkan tes tersebut, skor yang diperoleh adalah 0,68 yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut efektif digunakan dalam larutan kimia.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v7i2.14521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait