• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KIKIM SELATAN | Asmarani | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia

    PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KIKIM SELATAN

    Anisa Nada Asmarani, A Rachman Ibrahim

    Abstract


    ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kikim Selatan (2) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar kimia kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kikim Selatan (3) Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kikim Selatan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kikim Selatan, dengan populasi berjumlah 93 siswa dan diambil 62 siswa sebagai sampel. Jenis penelitian adalah penelitian expost-facto dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Untuk uji hipotesis pertama dan kedua, digunakan teknik analisis regresi sederhana, sedangkan uji hipotesis ketiga digunakan teknik analisis regresi ganda dengan taraf signifikan 5%.

    Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia, dengan harga koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,952 dan harga thitung 24,083 lebih besar dari ttabel 2,0003 (24,083 > 2,0003) (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia, dengan harga koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,918 dan harga thitung 17,958 lebih besar dari ttabel 2,0003 (17,958 > 2,0003) (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar, dengan harga koefisien korelasi (Ry(1,2)) sebesar 0,974 koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,949, dengan Sumbangan Efektif sebesar 94,9% terhadap pencapaian Hasil Belajar Kimia, sedangkan 5,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

    Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kimia


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i1.14961

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats

     

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

     

      Hasil gambar untuk logo google scholar

    Gambar terkait