KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI HUKUM HESS : STUDI KASUS DI SMAN 2 SUNGAI SELAN

Vera Septiana, Muhammad Win Afgani, Etrie Jayanti

Abstract


Banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan menunjukan bahwa adanya gejala kesulitan dalam memahami Hukum Hess. Kesulitan siswa dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaan materi dalam mempelajari Hukum Hess. Penelitian ini dilakukan, bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dan menganalisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami Hukum Hess di SMAN 2 Sungai Selan. Jenis penelitian ini digolongkan kedalam pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif  studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 35 siswa. instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, lembar tes uraian, lembar angket dan wawancara.

Berdasarkan hasil validasi dengan menggunakan penelaah item oleh ahli evaluasi  instrumen dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil analisis kesulitan yang dialami siswa pada Hukum Hess, siswa kesulitan dalam perhitungan seperti menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan  diagram tingkat energi pembentukan senyawa sebesar 77,14%.  Menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan selisih entalpi pembentukan sebesar 60%. Dan  100%  dalam menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan energi ikatan rata-rata.

Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa yaitu terletak pada faktor internal yaitu pada aspek minat dengan indikator ketertarikan siswa pada materi Hukum Hess sebasar 58,57%,  pada  aspek kemampuan siswa, dengan indikator pengetahuan siswa atau kemampuan kognitif siswa sebesar 57,14%  dan juga pada aspek keadaan fisik siswa cukup berpengaruh sebesar 47,14% dengan kualifikasi cukup berpengaruh dalam kesulitan siswa. Berdasarkan hasil temuan, kesulitan siswa terletak pada perhitungan perubahan entalpi (?H) dan faktor penyebab kesulitan tersebut terdapat dalam diri siswa itu sendiri.

Kata Kunci : faktor penyebab, hukum Hess, kesulitan siswa




DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i2.15717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait

 

 

 

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online