• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI HUKUM HESS : STUDI KASUS DI SMAN 2 SUNGAI SELAN | Septiana | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia

    KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI HUKUM HESS : STUDI KASUS DI SMAN 2 SUNGAI SELAN

    Vera Septiana, Muhammad Win Afgani, Etrie Jayanti

    Abstract


    Banyaknya siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan menunjukan bahwa adanya gejala kesulitan dalam memahami Hukum Hess. Kesulitan siswa dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaan materi dalam mempelajari Hukum Hess. Penelitian ini dilakukan, bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa dan menganalisis faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami Hukum Hess di SMAN 2 Sungai Selan. Jenis penelitian ini digolongkan kedalam pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif  studi kasus. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 35 siswa. instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, lembar tes uraian, lembar angket dan wawancara.

    Berdasarkan hasil validasi dengan menggunakan penelaah item oleh ahli evaluasi  instrumen dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil analisis kesulitan yang dialami siswa pada Hukum Hess, siswa kesulitan dalam perhitungan seperti menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan  diagram tingkat energi pembentukan senyawa sebesar 77,14%.  Menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan selisih entalpi pembentukan sebesar 60%. Dan  100%  dalam menentukan perubahan entalpi (?H) berdasarkan energi ikatan rata-rata.

    Sedangkan faktor penyebab kesulitan siswa yaitu terletak pada faktor internal yaitu pada aspek minat dengan indikator ketertarikan siswa pada materi Hukum Hess sebasar 58,57%,  pada  aspek kemampuan siswa, dengan indikator pengetahuan siswa atau kemampuan kognitif siswa sebesar 57,14%  dan juga pada aspek keadaan fisik siswa cukup berpengaruh sebesar 47,14% dengan kualifikasi cukup berpengaruh dalam kesulitan siswa. Berdasarkan hasil temuan, kesulitan siswa terletak pada perhitungan perubahan entalpi (?H) dan faktor penyebab kesulitan tersebut terdapat dalam diri siswa itu sendiri.

    Kata Kunci : faktor penyebab, hukum Hess, kesulitan siswa




    DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i2.15717

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    View My Stats

     

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

     

      Hasil gambar untuk logo google scholar

    Gambar terkait