PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS KONSTRUKTIVISME LEARNING CYCLE 5E

Mimi Amelia, Effendi Nawawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul laju reaksi berbasis konstruktivisme Learning Cycle 5E yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembangan Rowntree pada penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap evaluasi. Tahapan evaluasi formatif Tessmer pada penelitian ini meliputi self evaluation, expert review evaluation, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Hasil yang diperoleh pada tahap expert review evaluation merujuk pada kriteria skor kevalidan Aiken didapat skor akhir validasi aspek pedagogik 0,636 (sedang), aspek materi 0,683 (tinggi), dan aspek desain 0,700 (tinggi). Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari uji coba one-to-one sebesar 0,69 (tinggi) dan small group 0,89 (tinggi). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme Learning Cycle 5E untuk pembelajaran Laju Reaksi yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i2.16659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait