PENGEMBANGAN MODUL LAJU REAKSI BERBASIS KONSTRUKTIVISME LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul laju reaksi berbasis konstruktivisme Learning Cycle 5E yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model pengembangan Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembangan Rowntree pada penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap evaluasi. Tahapan evaluasi formatif Tessmer pada penelitian ini meliputi self evaluation, expert review evaluation, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Hasil yang diperoleh pada tahap expert review evaluation merujuk pada kriteria skor kevalidan Aiken didapat skor akhir validasi aspek pedagogik 0,636 (sedang), aspek materi 0,683 (tinggi), dan aspek desain 0,700 (tinggi). Untuk skor akhir kepraktisan didapatkan dari uji coba one-to-one sebesar 0,69 (tinggi) dan small group 0,89 (tinggi). Berdasarkan hasil evaluasi tersebut menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme Learning Cycle 5E untuk pembelajaran Laju Reaksi yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v8i2.16659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License