PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMAN 1 TANJUNG RAJA

Sri Hartini, Sanjaya Sanjaya, Made Sukaryawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan pendekatanSAVI terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Raja. Metode penelitianmenggunakan eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian non equivalent(pretest and posttest) control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelasXI IPA SMAN 1 Tanjung Raja. Sampel diambil menggunakan teknik cluster randomsampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimenadalah 76,159 dan kelas kontrol adalah 68,928. Nilai posttest kelas eksperimen dan kontrolberdistribusi normal dan kedua varians tergolong homogeny. Uji hipotesis menggunakan uji-tpada taraf signifikan 5%, diperoleh bahwa t(hitung) (3,041) > t(tabel) (2,000). Hasil analisis dataobservasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 77,067% dan kelaskontrol 57,38%. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan SAVIdapat meningkatkan aktivitas siswa. Berdasarkan uji statistik, dapat disimpulkan bahwapendekatan SAVI berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMAN 1 TanjungRaja.



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v2i1.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait