PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION (ARIAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI MIA 3 SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Anita Silvia, S. Sanjaya, K. Anom W.

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest,  Assessment, and Satisfaction (ARIAS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 10 Palembang dengan penerapan  model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket dan tes akhir siklus. Berdasarkan penelitian, diperoleh rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 62,7% dan siklus II sebesar 85%. Dari data angket, siklus I menunjukkan siswa percaya diri, materi pelajaran relevan, siswa minat, dan puas terhadap pembelajaran. Siklus II terjadi peningkatan yaitu siswa sangat percaya diri, materi pelajaran sangat relevan, siswa sangat minat, dan sangat puas terhadap pembelajaran. Skor rata-rata hasil belajar siswa sebelum tindakan (T0) = 70,26 dengan persentase ketuntasan belajar (KB0) 34,2%. Setelah diberi tindakan, (T1) = 75 dan (KB1) = 71%, (T2) = 86,2 dan (KB2) = 94,7% Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction (ARIAS) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v3i1.8189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait