PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF KIMIA UNTUK PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA

Alfa Dina Prianoto, Fakhili Gulo, Effendi Nawawi

Abstract


Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Kimia Untuk Pembelajaran Struktur Atom Di Kelas X SMA. Pengembangan LKPD interaktif kimia materi struktur atom telah dilakukan dan di ujicoba di SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan metode Development Research (penelitian pengembangan). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) dan evaluasi formatif Tessmer. Kevalidan bahan ajar dinilai oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli pedagodik, dan ahli media. Kevalidan materi diperoleh rerata sebesar 4,00 dengan kategori valid, kevalidan pedagogik diperoleh rerata sebesar 4,15 dengan kategori valid, dan kevalidan media diperoleh rerata sebesar 3,78 dengan kategori valid. Kepraktisan bahan ajar dilihat dari rerata angket pada tahap one to one dan small group. Skor rata-rata kepraktisan adalah 3,97 dengan kategori praktis. Kefektifan bahan ajar ini tampak dari tes hasil belajar yang dilakukan pada tahap field test. Berdasarkan hasil field test diperoleh gain score sebesar 0,67 dengan kategori kefektifan sedang. Hal ini menunjukan bahwa LKPD interaktif kimia telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran struktur atom.

Keywords


Pengembangan, LKPD interaktif, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait