ANALISIS KELAYAKAN BUKU TEKS KIMIA SMA/MA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS BERDASARKAN KRITERIA TAHAP SELEKSI 4S TMD

Sjaeful Anwar, Nenden Noviyanti, H Hendrawan

Abstract


Analisis Kelayakan Buku Teks Kimia SMA/Ma Kelas X Materi Reaksi Redoks Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi reaksi redoks dalam buku teks yang digunakan di sebagian besar SMA/MA di Kota Bandung berdasarkan kriteria tahap seleksi dari 4S TMD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan metode analisis konten. Terdapat tiga kriteria tahap seleksi dari 4S TMD. Kriteria pertama adalah kesesuaian dengan tuntutan kurikulum, hasilnya memperlihatkan bahwa materi redoks pada objek penelitian belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Ditinjau dari keluasan materi, terdapat satu konsep yang tidak dituntut oleh kurikulum, tetapi dimuat pada materi di buku tersebut sehingga materi terlalu luas. Dengan demikian, secara umum keluasan materi belum sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Ditinjau dari kedalaman konsep, dari 11 konsep tuntutan kurikulum, tiga konsep dinyatakan kurang dalam dalam menjelaskan konsepnya dan satu konsep dinyatakan terlalu dalam. Berdasarkan kriteria kedua, yaitu kebenaran konsep, diketahui bahwa secara keseluruhan semua konsep dinyatakan benar secara keilmuan menurut teks (konsep) standar kimia. Berdasarkan kriteria ketiga, yaitu penanaman nilai, diperoleh bahwa nilai-nilai yang ditanamkan pada materi redoks pada buku tersebut yaitu rasa ingin tahu, religius, kreatif, dan jujur.

Keywords


Buku teks, reaksi redoks, 4S TMD.



DOI: https://doi.org/10.36706/jppk.v4i2.8405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

  Hasil gambar untuk logo google scholar

Gambar terkait