PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DIRI DAN PENILAIAN TEMAN-SEJAWAT UNTUK MENILAI KINERJA SISWA SMK PADA PRAKTIKUM KIMIA | Nahadi | Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN DIRI DAN PENILAIAN TEMAN-SEJAWAT UNTUK MENILAI KINERJA SISWA SMK PADA PRAKTIKUM KIMIA
N Nahadi, Harry Firman, Karomah Khilda
Abstract
Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Dan Penilaian Teman-Sejawat Untuk Menilai Kinerja Siswa Smk Pada Praktikum Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian diri dan penilaian kinerja siswa SMK yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas pada praktikum identifikasi pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi. Penelitian ini dilakukan disalah satu SMK Negeri bidang keahlian teknologi dan rekayasa di Bandung dengan subjek penelitian 24 siswa SMK kelas XI yang telah mempelajari materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan validasi. Tahap pengembangan meliputi analisis kebutuhan materi dan keterampilan kinerja pada praktikum pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi hingga diperoleh draft awal dengan 21 aspek kinerja yang dikembangkan. Tahap validasi meliputi validitas isi dan reliabilitas. Berdasarkan uji validitas isi dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) pada nilai kritis 0,736 diperoleh 20 aspek kinerja yang memiliki nilai CVR hitung sebesar 1,00 sehingga dinyatakan valid. Tahap Uji reliabilitas dilakukan tiga kali uji coba yaitu uji coba observer menilai dua kelompok, uji coba observer menilai tiga kelompok, dan uji coba penilaian teman sejawat. Nilai Cronbach Alpha secara keseluruhan untuk ketiga uji coba berturut-turut 0,9, 0,78, dan 0,91. Nilai tersebut menunjukkan instrumen penilaian diri dan penilaian teman sejawat yang dikembangkan reliabel. Dari hasil aplikasi instrumen menunjukkan hasil kinerja siswa menggunakan penilaian diri terdapat 19 siswa atau 79% mendapatkan nilai pada kategori baik dan hasil kinerja siswa menggunakan penilaian teman sejawat terdapat 20 siswa atau 83% siswa memiliki nilai pada kategori baik.
Keywords
Laju Reaksi, Penilaian Diri, Penilaian Teman Sejawat, Praktikum, Penilaian Kinerja