• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA | Mita | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

    Desi Syaras Mita, Linda Rosmery Tambunan, Nur Izzati

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 5 Tanjungpinang yang berjumlah 35 peserta didik. Dari 35 peserta didik yang mengikuti tes dipilih satu peserta didik yang mewakili kelompok tinggi, dua peserta didik yang mewakili kelompok sedang dan satu peserta didik yang mewakili kelompok rendah. Kedudukan kelompok tersebut ditentukan berdasarkan standar deviasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini pada tahap pertama pemecahan masalah menurut tahapan Newman ialah membaca masalah dengan presentase maksimum 98,60%. Kemudian untuk tahap kedua ialah memahami masalah dengan presentase maksimum 78,60%. Tahap ketiga yaitu tahap mentransformasikan masalah memiliki presentase maksimum 65,58%. Tahapan keempat dan kelima yaitu melakukan keterampilan proses dan melakukan penulisan jawaban akhir memiliki presentase yang sama yaitu 63,26%. Hasil menunjukan membaca masalah dan memahami masalah sebagian peserta didik dapat melakukannya dengan baik. Kemudian peserta didik tampak susah dalam melakukan tahapan ketiga yaitu mentransformasikan masalah. Dan lebih sedikit lagi peserta didik yang melakukan tahapan terakhir dengan benar yaitu melakukan keterampilan proses dan melakukan penulisan jawaban akhir.

    Keywords


    analisis; kemampuan pemecahan masalah; PISA

    Full Text:

    PDF

    References


    Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

    Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

    Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

    Israini, H dan Puspitasari, D. (2012). Sstrategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: FAMILIA

    Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13-26.

    OECD. (2010). PISA 2009 results: executive summary. OECD.

    OECD. (2013a). PISA 2012 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD.

    OECD. (2013b). PISA 2012 results in fokus what 15-year-olds know and what they can do with what they know. OECD.

    OECD. (2016). PISA 2015 results in focus. OECD.

    Rofiqoh, Z. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas x dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

    Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung.

    Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe TIMSS Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

    Visitasari, R. (2013). Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Aljabar Menggunakan Tahapan Analisis Newman. MATHEdunesa, 2(2).

    Wahyuni, R. (2017). Membandingkan bilangan pecahan menggunakan fraction circle terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Gantang, 2(1)

    White, A. (2010). Numeracy, literacy and Newman’s error analysis. Journal of Science and Mathematics education in Southeast Asia, 33(2).

    Zulfitri, H., & dkk (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan pendekatan meas pada materi system persamaan linier tiga variabel. Jurnal Gantang, 4(1), 8




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10025

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats