PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING DI SMAN 10 PALEMBANG

Yovika Sukma, Agus Supriyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui model Discovery Learning pada materi Limit Fungsi Aljabar di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 10 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan indikator keberhasilan dilihat dari meningkatnya hasil ketuntasan belajar klasikal peserta didik dengan nilai ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh minimal 85% dari banyaknya peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal evaluasi materi matriks berbentuk uraian. Berdasarkan hasil tes pada siklus pertama diperoleh ketuntasan belajar klasikal peserta didik sebesar 58,82%. Kemudian pada siklus kedua, ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 88,24%. Dengan demikian pembelajaran model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Limit Fungsi Aljabar

Keywords


Discovery Learning, Learning Outcomes, Limit of Algebraic Functions

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Annurrrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, C. Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Febriana, R., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ips Sma Pgri 1 Padang. Jurnal Ilmiah Mandala Education (Jime), 5(1), 1-7.

Fitriyah, A. M., & Warti, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108-112.

Haenilah, E. (2015). Kurikulum dan pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi.

Hanggara, Y., & Alfionita, V. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Probing Prompting dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Nurdiyanto, T., Rafida, I., & Zulkardi, Z. (2019). Penerapan Model Generative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Limit Kelas Xi Mipa 1 Sma Negeri 2 Palembang. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), hal 38-54.

Oktriani, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Numbered Heads Together dan Teamwork Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 149 Palembang (Skripsi). Universitas Sriwijaya, Palembang.

Puspitasari, A., Susi, S., & Nurcholid, DSL. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember. Jember.

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi Sdn Tanggul Wetan 02kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.

Syah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung: PT Remaja

Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 23-36.Winarni, D., Budiyono, B., & Sari, D. R. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Dan Think Pair Share (Tps) Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(5).




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

 

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats