PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) MATERI BENTUK ALJABAR DI SMP

Nadya Putri Setiawati, Somakim Somakim, Jeri Araiku

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan konteks bacaan Asian Games dan Tsunami Palu yang valid, praktis, serta memiliki efek potensial terhadap penggunaan LKPD pada materi bentuk aljabar di SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (depelopment research) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-1 SMP Negeri 17 Palembang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan walkthrough, observasi, angket, dan wawancara. Penelitian ini memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik yang terlihat dari tercapainya nilai peserta didik yang mencapai nilai 70 dengan jumlah peserta didik lebih dari sama dengan 65% dari jumlah peserta didik.


Keywords


pengembangan; lembar kerja peserta didik; gerakan literasi sekolah; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin,Yunus, & Mulyati. T. (2018). Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Agus. W, Supriyono. K. H, & Muhardjito. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan , 83.

Amalia. (2011). Efektivitas Penggunaan LKS Pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

BNSP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Badan Nasional Standar Pendidikan.

Danuri. (2014). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 29.

Effendy, M. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Freud, S. (2006). Pengantar umum psikoanalisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanifah, U. (2018 ). Pengembangan Literasi Berbicara Bahasa Arab (Maharat Al-Kalam) di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Islamic Teacher Jounal. 6(2), 207.

Kemendikbud, K. P. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menenagah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maghfiroh, Z. A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Geografi pada KD 3. Keragaman Budaya Indonesia untuk Kelas XI SMA. Swara Bhumi. 5(8), 1-9.

Mita, D. S., Tambunan, L. R., dan Izzati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (2), 25-33.

OECD. (2016). Draft Analytical Framework. USA: OECD-PISA.

Sari, C. P. (2018). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Padas Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten.Skripsi.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Suhartono, S. F. (2018). Analisis Keterlaksanaan dan Pengaruh Kemitraan Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat terhadap Kualitas Pendidikan di SD Negeri 02 Karangsari Kebumen . Jurnal Riset Pedagogik. 2 (1) , 67.

Sutanto, P. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas . Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Kogan page Limited.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari . Jurnal Eletronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO). 1(2), 129 .

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan , 332.

Wawan, A. K. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan , 235.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation : What, Why, When, and How. Dipetik 09 13, 2018, dari Formative Evaluation : What, Why, When, and How: http://www.geocities.com/zulkardi/books.html.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.10044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats