PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT MELALUI PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS IX.4 SMP NEGERI 1 PALEMBANG

Cecil Hiltrimartin, Yanti Pratiwi

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan  model inkuiri terbimbing pada pembelajaran matematika di Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang.  Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (c) observasi, dan  (d) evaluasi dan refleksi. Data yang diperoleh adalah hasil belajar yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh petunjuk bahwa terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa dari Siklus I sebanyak 48,07%, sedangkan pada siklus kedua jumlah siswa yang memenuhi criteria keberhasilan mencapai 76,67% dan pada siklus ketiga 93,36%. Oleh karena itu model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat digunakan sebagai alternative bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP.


Keywords


Hasil Belajar, Inkuri Terbimbing, Fungsi Kuadrat

Full Text:

PDF

References


Carter, A. (2004). Autonomy, inquiry and mathematics reform. The Constructivist, 15(1), 1-15.

Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Depdiknas.

Diezmann, C.M. (2004). Assessing learning from mathematics inquiry: Challenges for students, teacher and researchers. In: Proceedings Mathematics Association of Victoria Conference (pp 80-85). Melbourne: Mathematics Association of Victoria.

Heibert, J. (2003). What research says about the NCTM standards. In J. Kilpatrick, W. Martin, & D.

Lovitt, C. (1999). Investigations as a Central Focus for a Mathematics Curriculum. Paper Presented at the Australian Association of Mathematics Teachers, 1999 Virtual Conference.

Piaget, J. (1973). To understand is to invent. (English translation by Roberts, G.). New York:

Schifter (Eds), A research companion to principles and standards for school mathematics. Reston VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Yuwono, I., & Sulndra, I. M. (2014). Penerapan pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 1 Kediri Kabupaten Lombok Barat pada materi SPLDV/Afifurrahman. Penerapan pembelajaran melalui pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 1 Kediri Kabupaten Lombok Barat pada materi SPLDV/Afifurrahman.

Soedarsono, F. X. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua: Rencana, Disain, dan Implementasi.DitjenDikti. Depdikbud Jakarta.

Syuhadda, C. A. (2016). Penerapan Metode Inkuiri Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Spldv Di Kelas X Smk Yayasan Perguruan Bandung Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Lindawati, S. (2013). Pembelajaran matematika dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan, 2(2), 16-29.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.10099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

 

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats