PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP
Abstract
Permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas VII SMPN 7 Tanjungpinang salah satunya adalah bahan ajar yang digunakan kurang membantu peserta didik dalam pembelajaran, di mana peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi di buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis STEM yang layak dan menarik. Penelitian ini merupakan penelitian Reseacrh and Development (RND) dengan menerapkan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh sugiyono. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VII.5 SMPN 7 Tanjungpinang tahun 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data penelitian melalui teknik validasi oleh ahli serta angket respon peserta didik dan pendidik. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis STEM ini termasuk kategori sangat layak dengan tingkat kelayakan 92%, serta kemenarikannya mencapai 76,77% berdasarkan respon pendidik dan 84,99% berdasarkan respon pendidik, masing-masing dengan katergori menarik dan sangat menarik, sehingga modul berbasis STEM ini, dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya materi himpunan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Milaturrahmah, dkk. (2017). Mathematics Learning Process with Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) Approach in Indonesia. In International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) (pp. 1–7).
Gustiani, dkk. (2017). Development and validation of science, technology, engineering and mathematics (STEM) based instructional material. In AIP Conference Proceedings (pp. 1–7).
Katminingsih, Y. (2012) “Mengenal Revisi Taksonomi Bloom oleh Anderson dan Krathwohl”. Prosiding Seminar Nasional Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. 1 Maret 2012. Universitas Nusantara PGRI Kediri. ISSN. 2088?2327
Hadi, S. (1991). Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai dengan BASICA. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta
Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan STEM project-based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3(4), 264–272.
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Purbasari, dkk. (2013). Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X.
Umroh, S. M. (2017), “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII MTs Berbasis Unity Of Sciences”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Walisongo: Semarang.
Utami, T. N, dkk (2018). pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technologi, engineering, and mathematics (STEM) pada materi segiempat. Ejornal Raden Intan, 1(2), 165-172.
Tjiptiany, dkk. (2016). pengembangan modul pembelajaran untuk membantu siswa SMA kelas X dalam memahami materi peluang. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1938–1942.
Winarni, J., dkk. (2016). STEM: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Prosiding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM.
Witanta, V. A., Baiduri, Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1-12.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i1.11493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats