MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MELALUI GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Chaira wati, Muzakkir Muzakkir

Abstract


Pengetahuan guru tentang gaya belajar siswa sangat penting, dikarenakan setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda – beda antara satu dengan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa di SMPN 10 Banda Aceh. Metedologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pegumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase dan mendeskripsikan data yang diperoleh dari observasi dan angket. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII-C SMPN 10 Banda Aceh. Hasil observasi yang dilakukan di kelas menunjukkan bahwa siswanya memiliki gaya belajar visual. Hasil angket siswa menunjukkan gaya belajar visual lebih dominan dari gaya belajar yang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi dan angket gaya belajar matematika siswa kelas VIII-C SMPN 10 Banda Aceh didominasi oleh gaya belajar visual.

 


Keywords


Pembelajaran Matematika, Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Barwood, Tom. (2011). Strategi Belajar Seri Strategi Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

Budiadjo L. (2008). (2017). Keterampilan Belajar: Belajar Bagaimana Belajar. Yogyakarta: ANDI.

DePorter B & M Henarcki, (2004). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman: 1992. Bandung: Kaifa.Skripsi.

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawati, (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ritongga, Siti Nurcahyani. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematia Siswa Dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifdzil Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017/ 2018. Skripsi, Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats