• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MELALUI GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA | wati | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MELALUI GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

    Chaira wati, Muzakkir Muzakkir

    Abstract


    Pengetahuan guru tentang gaya belajar siswa sangat penting, dikarenakan setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda – beda antara satu dengan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa di SMPN 10 Banda Aceh. Metedologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pegumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase dan mendeskripsikan data yang diperoleh dari observasi dan angket. Subjek penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII-C SMPN 10 Banda Aceh. Hasil observasi yang dilakukan di kelas menunjukkan bahwa siswanya memiliki gaya belajar visual. Hasil angket siswa menunjukkan gaya belajar visual lebih dominan dari gaya belajar yang lain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi dan angket gaya belajar matematika siswa kelas VIII-C SMPN 10 Banda Aceh didominasi oleh gaya belajar visual.

     


    Keywords


    Pembelajaran Matematika, Gaya Belajar

    Full Text:

    PDF

    References


    DAFTAR PUSTAKA

    Barwood, Tom. (2011). Strategi Belajar Seri Strategi Pengajaran. Jakarta: Erlangga.

    Budiadjo L. (2008). (2017). Keterampilan Belajar: Belajar Bagaimana Belajar. Yogyakarta: ANDI.

    DePorter B & M Henarcki, (2004). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah Abdurrahman: 1992. Bandung: Kaifa.Skripsi.

    Ghufron, M. Nur & Rini Risnawati, (2012). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

    Ritongga, Siti Nurcahyani. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematia Siswa Dalam Pembelajaran Matematika MTs Hifdzil Qur’an Medan Tahun Ajaran 2017/ 2018. Skripsi, Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

    Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12716

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats