PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG

Siti Naziroh, Sujinal Arifin, Retni Paradesa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Palembang. Metode penelitian ini digunakan adalah metode penelitian eksperimen menggunakan desain The Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A dan VIII.B SMP Negeri Muhammadiyah 8 Palembang dengan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol, dan VIII.B sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Palembang yang ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t dengan hasil perhitungan t-hitung = 4,36 dan t-tabel= 1,669.


Keywords


Problem Based Learning, Mathematical Reasoning Ability, Quantitative Research

Full Text:

PDF

References


Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model discovery learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77-86.

Fadjar Shadiq. 2007. Penalaran atau Reasoning Mengapa Perlu Dipelajari Para Siswa di Sekolah?. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Fenanlampir, A., Batlolona, J. R., & Imelda, I. (2019). The struggle of Indonesian students in the context of TIMSS and PISA has not ended. International Journal of Civil Engineering and Technology, 10(2), 393-406.

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian journal of educational research and review, 2(2), 210-218.

Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019. Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 611-615).

Lesiana, F., & Hiltrimartin, C. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 38-47.

Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 17.

Madio, S. S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93-108.

Nasrulloh, M. F. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X. Eduscope: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 4(2), 28-34.

OECD, PISA 2012. 2013. Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing.

OECD, PISA 2015 Resulst in Focus, (OECD Publishing, 2016)

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18, pp. 1-6).

Sanhadi, K. C. D. (2015). Pengaruh kemampuan penalaran dan self-efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 341-350).

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Sunaryo, Y. (2014). Model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik siswa sma di kota tasikmalaya. Jurnal pendidikan dan keguruan, 1(2), 209679.

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i1.13780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats