PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan Jenis penelitian adalah eksperimen dan desain penelitian “posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan dua kelas X yang dijadikan sebagai sampel peneltian berjumlah 40 orang. Variabel yang digunakan berupa variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan Data menggunakan tes, kemudian pengujian hipotesisi digunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen didapat nilai rata-rata 71,5 dan kelas kontrol 64,7. Sehingga hasil analisis dan kesimpulan didapatkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020-3026.
Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(2), 124-129.
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).
Dewi, L., Sutama, S., & Hidayati, Y. M. (2022). Strategi Quantum Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1875-1882.
Gani, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran dan persepsi tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa smp negeri di kecamatan salomekko kabupaten bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337-343.
Khasan, K., Dafik, D., & Hobri, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Whole Brain Teaching Dengan Pendekatan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga untuk SMP Kelas VII. Pancaran Pendidikan, 4(2), 143-152.
Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25.
Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan LemBar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Ipa SMAN 2 Mataram. J. Pijar MIPA, 13 (2), 100-105.
Novitasari, M. J. (2014). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas Vii-C SMP Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2 (3), 18-23.
Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.
Putra, J. D., & Martin, J. (2015). Pengaruh Penerapan Quantum Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras 4(2) , 43-55.
Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2018). Model Kegiatan Microteaching Untuk Mengembangkan Keterampilan Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berpusat Pada Siswa. Jurnal Elemen, 4(1), 50-65.
Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1) , 15-21.
Sandiyanti, A. (2018). Pengembangan modul bilingual bergambar berbasis quantum learning pada materi peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 157-164.
Siregar, Y. (2015). Kompetensi guru dalam bidang strategi perencanaan dan pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i1.13844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats