PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUARA PADANG

Rima Oktaviana, Sujinal Arifin, Harisman Nizar

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan Jenis penelitian adalah eksperimen dan desain penelitian “posttest-only control group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang dengan dua kelas X yang dijadikan sebagai sampel peneltian berjumlah 40 orang. Variabel yang digunakan berupa variabel independen dan variabel dependen. Teknik pengumpulan Data menggunakan tes, kemudian pengujian hipotesisi digunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen didapat nilai rata-rata 71,5 dan kelas kontrol 64,7. Sehingga hasil analisis dan kesimpulan didapatkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Muhammadiyah 1 Muara Padang.


Keywords


Model Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020-3026.

Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(2), 124-129.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Dewi, L., Sutama, S., & Hidayati, Y. M. (2022). Strategi Quantum Learning dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1875-1882.

Gani, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran dan persepsi tentang matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa smp negeri di kecamatan salomekko kabupaten bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337-343.

Khasan, K., Dafik, D., & Hobri, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Whole Brain Teaching Dengan Pendekatan Quantum Learning Pada Sub Pokok Bahasan Segitiga untuk SMP Kelas VII. Pancaran Pendidikan, 4(2), 143-152.

Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25.

Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan LemBar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Ipa SMAN 2 Mataram. J. Pijar MIPA, 13 (2), 100-105.

Novitasari, M. J. (2014). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas Vii-C SMP Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2 (3), 18-23.

Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51-60.

Putra, J. D., & Martin, J. (2015). Pengaruh Penerapan Quantum Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras 4(2) , 43-55.

Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2018). Model Kegiatan Microteaching Untuk Mengembangkan Keterampilan Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berpusat Pada Siswa. Jurnal Elemen, 4(1), 50-65.

Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1) , 15-21.

Sandiyanti, A. (2018). Pengembangan modul bilingual bergambar berbasis quantum learning pada materi peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 157-164.

Siregar, Y. (2015). Kompetensi guru dalam bidang strategi perencanaan dan pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1).




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i1.13844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats