PERAN ETIKA PROFESI DALAM MEMBANGUN KEPROFESIONALAN MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA GUNA MEWUJUDKAN GENERASI EMAS 2045

Ayu Yunita, Karenina Rizka Alifa, Khofifah Indah Sari, Tasya Sabrina Hairany, Zulkardi Zulkardi, Novita Sari

Abstract


Profesionalisme seorang calon guru matematika tidak serta merta datang dengan sendirinya tetapi membutuhkan perencanaan dan pengajaran materi pendukung dalam pengerjaannya, seperti pada saat perkuliahan dengan mata kuliah etika profesi. Mata kuliah ini diharapkan dapat menjadikan calon guru yang memilih jurusan pendidikan matematika sebagai guru yang memiliki keprofesionalan. Hal ini menjadi harapan atau wujud menjadikan guru yang kreatif dan inovatif sebagai kunci untuk menghasilkan generasi emas di tahun 2045


Keywords


Profesionalisme, Standar Guru Matematika, Etika Profesi, Generasi Emas 2045

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. S. (2015). Mahasiswa (Calon) Guru Matematika yang Profesional.In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, Hal (pp. 721-726).

AM, E. N., Alinurdin, A., & Balianto, P. (2019). Profesi Keguruan.

Gade, S. 2015. Kode Etik Pendidik Menurut Ibnu Jama’ah. Jurnal Pencerahan,9(1), 23-36.

Iriawan, S. B. (2017). Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045 Melalui Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21.

Ninoersy, T. 2015. Integritas Pendidik Profesional dalam Tinjauan Al-Qur’an.Jurnal Edukasi, 1(2), 113-135.

Setiyaningsih, D. (2020). PERAN ETIKA DAN PROFESI KEPENDIDIKAN DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KARAKTER MAHASISWA CALON GURU SD. Jurnal Holistika, 4(1), 27-36.

Susanna. 2014. Kepribadian Guru PAI dan Tantangan Globalisasi.Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 376- 396.

Yusuf, M. (2017, October). Pendidikan Karakter Menuju Generasi Emas 2045. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Mulyasa, E, “Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru”, Bandung: ROSDA, 2013




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v3i2.14278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats