MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO DI KELAS XI SMA NEGERI 1 UJAN MAS

Senja Purnama Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ukuran pemusatan data dengan  menggunakan video di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ujanmas. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode tes. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif  kualitatif. Dari hasil analisis tes dapat disimpulkan bahwa penggunaan video dalam  pembelajaran  konsep  Ukuran Pemusatan Data pada  siswa  kelas  IX IPS 4  Semester  Ganjil  SMA  Negeri 1 Ujan Mas  Tahun  Pelajaran  2015/2016,  hasil  belajar  siswa  dapat  ditingkatkan.  Hal ini  bisa  dilihat  dari Hasil  belajar  siswa  pada tes akhir siklus  I  memiliki  rata-rata  siswa yang tuntas dinyatakan (27,58%)  sebanyak  8 siswa (5 siswa yang terkategori hasil belajar sangat baik, 1 terkategori baik dan 2 terkategori cukup). Sedangkan pada siklus II  nilai  rata-rata  siswa yang tuntas  meningkat menjadi (62,06%) sebanyak  18 siswa (10 siswa yang terkategori hasil belajar sangat baik, 6 terkategori baik dan 2 terkategori cukup).

Keywords


Hasil Belajar; Video; Ukuran Pemusatan Data

Full Text:

PDF

References


Agustiningsih, A. (2015). Video sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka mendukung keberhasilan penerapan kurikulum 2013 di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58.

Arsyad,Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baharuddin, I. (2014). Efektivitas penggunaan media video tutorial sebagai pendukung pembelajaran Matematika terhadap minat dan hasil belajar peserta didik SMA negeri 1 Bajo kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(2).

Chandra, S. (2018). Meningkatnya Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Sistematis dan Terjadwal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 2001-2017.

Chasanah, N. A., Sisworo, S., & Dwiyana, D. (2019). Meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi ukuran pemusatan data melalui pendekatan problem posing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 542-547.

Dewantara, A. H., Amir, B., & Harnida, H. (2021). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 15-28.

Hasyim, M. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Statistika Berbasis ICT dengan Model Blended Project Based Learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1083-1097.

Kusumaningsih, W., Albab, I. U., & Angga, S. D. (2019). Desain pembelajaran ukuran pemusatan data menggunakan konteks game rating. JIPMat, 4(2).

Murtadlo, M. A. (2019). Peningkatan Keterampilan Menyusun RPP Melalui Metode Bimbingan Kelompok Guru SDN Gedangan 3 Tahun 2018/2019. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 11-16.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses. Dirjendikdasmen.

Purwitasari, D. I., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Penerapan blended learning berbantuan schoology untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 143-152.

Surya, Aprian. 2017. Desain Pembelajaran Statistika Menggunakan Konteks Mal di kelas V. Jurnal Elemen Vol. 3 N0.2: 149-165

Susanti, H., Zubaidah, Z., & Suratman, D. Kemampuan Representasi Matematis Materi Ukuran Pemusatan Data Ditinjau Dari Self Efficacy Di SMA Islamiyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(10).




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i1.17579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats