ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA SWASTA AL-ULUM MEDAN
Abstract
Kemampuan literasi matematika sangat diperlukan karena siswa dituntut tidak hanya mampu berhitung namun siswa harus mampu untuk menyampaikan fenomena yang nyata dengan konsep matematika. Namun, berdasarkan penilaian Programme International for Student Assessment (PISA), hasil kemampuan literasi siswa khususnya Indonesia tergolong rendah. Dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa, masing-masing guru menghadapi siswa yang mempunyai ciri khas yang berbeda antara masing-masing siswa. Dalam pendidikan matematika, gaya kognitif ialah salah satu ciri khas siswa yang perlu dipertimbangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis gaya kognitif dan kemampuan literasi matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X MIA SMA Swasta Al-Ulum Medan yang berjumlah 34 siswa. Instrumen dalam penelitian ini ialah angket gaya kognitif menggunakan instrument Group Embedded Figure Test (GEFT), soal literasi matematika berbasis PISA dan wawancara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis gaya kognitif siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA adalah dominan memiliki gaya kognitif field dependent dengan jumlah siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent berjumlah 23 siswa atau sebesar 67,6% dan siswa yang memiliki gaya kognitif field independent berjumlah 11 siswa atau sebesar 32,4%. Hasil kemampuan literasi matematika siswa kelas X SMA Swasta Al-Ulum Medan dalam menyelesaikan soal berbasis PISA pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent mencapai level 1 untuk dua subjek dan satu subjek lain mencapai level 2 pada PISA sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif field independent mencapai level 3 untuk satu subjek dan dua subjek lain mencapai level 5 pada PISA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, dkk. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X Smadalam Menyelesaikan Soal PISA. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 136–145.Anisa, Azmi Rizky., Ala Aprila Ipungkarti, dan Kayla Nur Saffanah (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1-12.
Basir, M.A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106-114.
Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. KREANO : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152.
Haji, Saleh., Yumiati., dan Z. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 177-183.
Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking Dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202–217.
Mailili, W. H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa (Eksperimen Semu Pada Kelas X SMA Negeri Di Kota Palu). Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, 2(1), 1-22.
Mariam, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTSN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.
Mariam, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTSN dengan Menggunakan Metode Open Ended di Bandung Barat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178-186.
Munayati, D. (2015). Kajian Soal Buku Teks Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Menggunakan Framework PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 188-206.
Nathan, Y.I. 1997. “Critical thinking: Impact on two classes of nursing students in an academic year”. Dissertation Abstracs International: Humanities and Social Sciences, 58(5A):1614.
Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2013 Berdasarkan Indikator Kemampuan Imajinasi Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 121-130.
Nurianti, E., Halini, & Ijudin, R. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(9), 1-10.
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., &, & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMS, 2(2), 70-79.
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Finlandia: OECD Publishing.
OECD. (2018). Information About The PISA Study 2018. Paris: OECD Publishing.
Rahmawati, dkk. (2015). Profil siswa SMP dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan literasi matematis ditinjau dari adversity quotient (AQ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(5), 508–517.
Safegi, dkk. (2021). Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Inovasi Matematika (Inomatika), 3(2), 114-126.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Bagaimana ? (Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan UNY PM-02) Online. Yogyakarta: Pendidikan Matematika Program Pascasarja UNY.
Selan, Madensi, F. D. & U. B. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335-345.
Sinaga, Chrisna., KMS. Amin Fauzi., I. D. (2019). The Development Instrumen Test of PISA and Student Worksheet (LKPD) with Shape and Space Content Using RME Approach to Improve the Mathematic Representation Ability of High School Students (2) (PDF) The Development Instrumen Test of PISA and Student Wor. American Journal of Educational Research, 7(12), 957-965.
Wati, M. dkk. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 97-106.
Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117-133.
Wulandary, Sellvi, dkk. (2021). Analisis Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMPN 14 Bandar Lampung. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 58-68.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.18144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats