PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENALARAN PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA

Rosdiana Halid, Sumarno Ismail, Novianita Achmad

Abstract


Penelitian ini mengarah pada pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis penalaran yang valid dan efektif untuk pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang prisma. Media ini dikembangkan menggunakan model ADDIE melalui 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sumber perolehan data berasal dari angket dan tes. Subjek dari penelitian ini ialah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 12 Gorontalo yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan penilaian media diperoleh dari ahli media sebesar 3,48 dengan kategori sangat valid sedangkan oleh ahli materi sebesar 3,23 berada pada kategori valid. Dari perolehan hasil tersebut, media pembelajaran dinyatakan valid sehingga layak digunakan. Terhadap keefektifan media, hasil respon siswa menunjukkan persentase sebesar 87% dengan kategori sangat positif dan hasil tes kemampuan penalaran siswa menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan siswa secara keseluruhan berada diatas kriteria ketuntasan minimal sehingga media iniefektif digunakan dalam pembelajaran matematika bangun ruang prisma.


Keywords


Pengembangan; Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Penalaran; Prisma

Full Text:

PDF

References


Anasis, Alyani. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Terhadap Penalaran Matematis Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 4(2).

Awaliyah W, Fitrianna A, Y. 2018. Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 1(2).

Fitrianna A. Y, Priatna N, Dahlan J. A. 2021. Pengembangan Model E-Book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif Untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5(2).

Hasanah R. U. 2019. Efektivitas Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Siswa Kelas VIII. Axiom Jurnal Pendidikan Dan Matematika. Vol. 8(1).

Murtafiah, 2021. Media Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematics Education Berbantuan Adobe Flash di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Saintifik. Vol. 7(2).

Patricia F. A, Zamzam K. F. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Himpunan Berbasis Puzzle Dengan Pendekatan Kontekstual: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 9(4).

Rayanto Y.H, Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2: Teori Dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Setiyani, dkk. 2021. Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Prezi Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika. Vol 9(1).




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.18165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats