KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS LEVEL EVALUASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kategori tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah HOTS level evaluasi. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan tes tertulis dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Pada penelitian ini dilakukan di kelas VIII-3 MTsN 6 Blitar yang berjumlah 27 siswa. Setelah diberi tes yang vertipe HOTS level evaluasi dengan melibatkan indikator komunikasi matematis, siswa diambil sebanyak 6 subjek dan kemudian jawaban dari 6 subjek tersebut dianalisis dan diwawancarai. Hasil penelitian menunjukan bahwa 3 kategori kemampuan komunikasi matematis yang didasarkan pada hasil skor tes. Siswa yang berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan 3 soal HOTS level evaluasi dan memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa yang berkemampuan sedang mampu menyelesaikan 3 soal HOTS level evaluasi dan memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa yang berkemampuan rendah mampu menyelesaikan 3 soal HOTS level evaluasi dan kurang memenuhi 4 indikator kemampuan komunikasi matematis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andhany, E. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills Pada Materi Graf. ITTIHAD, 2(1), Article 1. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/33
Azhari, D. N., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Gender Dan Self Concept. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 129. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p129-138
Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Ctl. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2761
Fauzi, A. (2021). Analisis kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 32–41. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33245
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Admatedu, 7(1), 9-17.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058
Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika.
Mufarrihah, I., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Siswa (Studi Kasus Di SMPN 1 Gondangwetan Pasuruan). In Jurnal Pembelajaran Matematika (Vol. 4, Issue 7, p. 124619). https://www.neliti.com/publications/124619/
NCTM. (2000). [Book] Principles and Standards for School Mathematics by NCTM.pdf.
Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.265
Pane, N. S. P. S., Jaya, I., & Lubis, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data di Kelas VII Mts Islamiyah Medan T.P 2017/2018 Oleh: AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1779
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2), Article 2. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029
Putri, D., Sunismi, S., & Fathani, A. H. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Simas Eric Ditinjau Dari Self Regulated Learning Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 15(19), Article 19. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/6026
Putri, M. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Kelas VIII MTs.S Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi.
Rahman, A., Asdar, A., & Surahman, N. I. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 119–127. https://doi.org/10.35580/imed11048
Ritonga, S. N. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran matematika Mts Hifzil Qur’an Medan tahun ajaran 2017/2018 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/3987/
Riyadi, M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.4380
Rohmah, T. F., & Sumardi, S. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/12207
Salsabila, N. Q., & Sumardi, S. (2020). Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/12215
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 8.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 10.
Solihat, I. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Penyelesaian Soal Cerita Luas Bangun Datar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(3), 11.
Sulastri, L., & Prabawati, M. N. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking (HOT): Paper presented at Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 2019 "Implementasi Riset Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Mix Method pada Era Revolusi 4.0" yang diselenggarakan oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 19 Januari 2019.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605–612.
Usman, M. R., & Satriani, S. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 236–242. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2769
Widhiyani, I. A. N. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2854
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.18689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats