• https://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/gacor4d/
  • https://htn.parahikma.ac.id/sbotop/
  • https://journal.parahikma.ac.id/juaraslot/
  • bajak scatter
  • sbobet88
  • slot99
  • nadim togel
  • mariatogel
  • lapak cheat
  • slot deposit pulsa indosat
  • https://jristam.uho.ac.id/pages/Demo-Slot/
  • slot demo spaceman
  • slot thailand
  • scatter hitam
  • toto macau
  • https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/
  • bajak Scatter
  • turbox500
  • mariaTogel
  • turbox1000
  • spaceman
  • hitam
  • ngopibet
  • https://jdpl.fisip.unand.ac.id/lib/pkp/gacor/
  • slot qris
  • Bni4d
  • btn4d
  • https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • slot garansi kekalahan
  • slot deposit pulsa indosat
  • slot demo
  • https://jurnal.fkip.unila.ac.id/lib/pkp/sbotop/
  • https://siapadia.riau.go.id/dist/mpo-gacor/
  • Powerjepe
  • Sbotop
  • klikslot
  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI HIMPUNAN BERBASIS E-MODUL DENGAN MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) | Saputra | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI HIMPUNAN BERBASIS E-MODUL DENGAN MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR)

    Samnur Saputra, Ayu Amelia

    Abstract


    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar untuk pembelajaran matematika yang berbasis E-Modul.  Oleh karena itu penulis mencoba mengembangkan bahan ajar materi himpunan melalui aplikasi dengan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR).  Tujuan dari penelitian bahan ajar ini adalah untuk mengetahui validitas bahan ajar yang dikembangkan dengan model AIR.  Metode yang digunakan adalah Research and Development  yang dikenal dengan istilah R&D.  Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk mengetahui validitas bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar materi himpunan berbasis e-modul dengan model AIR memperoleh kategori tingkat validitas sangat baik dengan rata-rata nilai validasi 3,34.


    Keywords


    E-modul; R&D; AIR (Auditory, Intellectually, Repetition)

    Full Text:

    PDF

    References


    Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 29(1), 1-5. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1

    Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton REU Aceh Barat. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(1), 1-6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730

    Danang, M. F. (2014). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan "Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)" untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3), 1-9.

    Fahrurrozi, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran: tinjauan teoretis dan praktik. Lombok timur: Universitas Hamzanwadi Press.

    Fauji, Ahmad, dan Winarti, Atiek. 2015. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditori Intellectualy Repetition Pada Materi Hidrolisis Garam Di kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains.Vol. 6. No. 2; 1-10.

    Kadarisma, G., Senjayawati, E., & Amelia, R. (2019). Pedagogical content knowledge pre-service mathematics teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1).

    Nugraha, R., Mudrikah, A., Saputra, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) terhadap Minat Belajar dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. UMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science). 7(1) 54-62.

    Nurjanah, Sobari, Supriatna, A., Muchtar, H.S., & Sulastini, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dalam Khazanah Islam berbasis Kontekstual. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 181-192.

    Perdani, H. N., & Azka, R. (2019). Teknologi dan pembelajaran matematika generasi milenial. Proseding Sendika, 5(1), 508–514.

    Pope, S. (2013). Technology in Mathematics Education. Journal of the Association of Teachers of Mathematics, 234, 6-8.

    Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Era Industri 4.0 Kajian dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif (Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan), 16(1), 42-54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

    Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

    Simamora, I.P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMK Kesehatan Sidimpuan Husada. Jurnal MathEdu (Mathematic Eduation Journal), 2 (2) 29-38.

    Sutrisno, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Flip Builder Materi Puasa di MTS Bandar Agung Lampung Timur. Disertasi tidak dipublikasikan, Lampung, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

    Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar pada mata kuliah struktur aljabar. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 75–82.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.19127

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats
    slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/ahha4d/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/bos88/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/congtogel/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/deluna4d/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/dolar138/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/harum4d/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/kopi4d/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/ladangtoto/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/megawin188/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/mpoid/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/pos4d/ https://sandipbj.jambikota.go.id/zodiak/suhu138/ bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://biologi.ui.ac.id/wp-content/themes/idnslot/ https://biologi.ui.ac.id/products/mpo-slot/ https://uptikayu.disperindag.jatimprov.go.id/uploads/ dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online slot online https://dilmil-yogyakarta.go.id/-/mulia77/