• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 1 KECAMATAN SULIKI | Adela | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 1 KECAMATAN SULIKI

    Putri Adela, Sefna Rismen, Lucky heriyanti Jufri

    Abstract


    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IX SMPN 1 Kecamatan Suliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajar Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 1 Kecamatan Suliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapam model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design penelitian adalah post-test only control grup. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Kecamatan Suliki. Sampel yang digunakan adalah kelas IX-1 dengan teknik random sampling. Instrument penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk essay. Berdasarkan teknik analisis dan uji t didapat t_hitung  = 2,07 dan t_tabel = 1,69 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar.


    Keywords


    Quantum Teaching; Hasil belajar; Random Sampling

    Full Text:

    PDF

    References


    Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43.

    Akbar, M. (2014). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Motivasi Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Elektronika di SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Elektro, 03(8), 105–110.

    Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

    Nur, R., Rochmad, & Kharis, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Pada Problem-Based Learning Bertema. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 185–189.

    Parnabhhakti, L., Ulfa, M., & Indonesia, U. T. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat. 1(1), 11–14.

    Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24.

    Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching dan TGT Pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Prestasi dan Motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296.

    Umayah, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris. 2(1), 49–53.

    Uno, B. H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

    Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.19145

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats