PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 1 KECAMATAN SULIKI

Putri Adela, Sefna Rismen, Lucky heriyanti Jufri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IX SMPN 1 Kecamatan Suliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajar Quantum Teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 1 Kecamatan Suliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapam model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design penelitian adalah post-test only control grup. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Kecamatan Suliki. Sampel yang digunakan adalah kelas IX-1 dengan teknik random sampling. Instrument penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk essay. Berdasarkan teknik analisis dan uji t didapat t_hitung  = 2,07 dan t_tabel = 1,69 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar.


Keywords


Quantum Teaching; Hasil belajar; Random Sampling

Full Text:

PDF

References


Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43.

Akbar, M. (2014). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Motivasi Siswa pada Standar Kompetensi Dasar-Dasar Elektronika di SMK Sunan Drajat Paciran Lamongan. Jurnal Pendidikan Elektro, 03(8), 105–110.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur, R., Rochmad, & Kharis, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Pada Problem-Based Learning Bertema. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 185–189.

Parnabhhakti, L., Ulfa, M., & Indonesia, U. T. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat. 1(1), 11–14.

Rahmayani, V., & Amalia, R. (2020). Strategi Peningkatan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas. Journal on Teacher Education, 2(1), 18–24.

Trisnawati, T., & Wutsqa, D. U. (2015). Perbandingan Keefektifan Quantum Teaching dan TGT Pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Prestasi dan Motivasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 296.

Umayah, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris. 2(1), 49–53.

Uno, B. H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Yamin, M. (2013). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.19145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats