LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI SOAL MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA RELIGI KOTA PALEMBANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, A. s., & Pratama, N. T. (2021, Desember). Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 319-330.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, hal. 114-119. UNNES.
Fauzi, F. G., & dkk. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83-91.
Fianto, F. (2018). Seri Manual GLS:Literasi Numerasi dalam Pengembangan Klub Steam dan Wirausaha di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context Problems in Realistic Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 111-129.
Han, W., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hidayah, N., Jafar, & Kadir. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kendari Pada Materi Perbandingan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(2), 281-294.
Hidayati, A., & Widodo, S. (2015, Noember). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemamun Siswa di SMP Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 131-143.
Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121-135.
KEMENDIKBUD_RI. (2022, April 1). Merdeka Belajar Episode 19: Rapor Pendidikan Indonesia. Dipetik November 29, 2022, dari Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=NbD96YWKh84
Lestari, A., Hapizah, Mulyono, B., & Susanti, E. (2022). Kemampuan Numerasi Peserta Didik mealui Implemntasi Blended Learning pada Materi Bilangan Pecahan. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 60-70.
Oktiningrum, W., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-Like Mathematics Task with Indnesia Natural and Cultural Herritage as Conext to Assess Student's Mathematica Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1-8.
Pangesti, F. T. (2018). Menumbuhkebangkan Literasi Numerasi Pada pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.
Pasandaran, R. F. (2018, February). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) sebagai Assessment Autentik untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 88-105.
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Rahmawati. (2015). Desain Pembelajaran Perbandingan dengan Menggunakan Kertas Berpetak di Kelas VII. Palembang: PPs Universitas Sriwijaya.
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontes Sosial Budaya pada topik Geometri Jenjang SMP. AKSIOMA, 11(2), 1548-1562.
Sari, N. M. (2020, Maret). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation, 3(1).
Sari, S. P., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2021, April). Students' Numeracy Skills Relating to Algebra Topic Using Covid- 19 Context. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 5(1), 182-192.
Suryanto, T. (2019). Problematika Siswa SMP dalam Mempelajari Perbandingan Dua Besaran dan Alternatif Penyelesaiannya. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 1-14.
Susanto, D., Sihombing, S., Radjawane, M. M., & Wardani, A. K. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.
Utari, R. S. (2020). Belajar Perbandingan dengan pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Surabaya: CV Mitra Mandiri Persada.
Wulandari, I. G., & Puspadewi, K. R. (2016). Budaya dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1).
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.19490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats