LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI SOAL MENGGUNAKAN KONTEKS WISATA RELIGI KOTA PALEMBANG

Ety Septiati, Zulkardi zulkardi, Ely Susanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan literasi numerasi siswa SMP pada materi perbandingan. Literasi numerasi dilihat melalui 3 indikator: 1) menggunakan berbagai angka dan simbol yang  berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah; 2) menganalisis informasi yang disajikan dalam berbagai format; dan 3) menginterpretasi hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tiga siswa kelas VIII dipilih scara acak  menjadi   subjek penelitian. Instrumen pebnelitian berupa dua soal berbentuk esai mengenai perbandingan berkonteks wisata religi Palembang.  Teknik pengumpulan data melalui tes. Teknik analisis data meliputi reduksi, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian diketahui  bahwa adalah  indikator kemampuan  menggunakan berbagai macam angka dan simbol paling dominan. Secara umum setiap indikator literasi numerasi mampu ditunjukkan oleh subjek penelitian. Respon yang diberikan yaitu menuliskan simbol untuk jarak, waktu, kecepatan; menuliskan definisi formal dari kecepatan sebagai perbandingan jarak dan waktu; mengubah satuan waktu dari menit ke jam; menuliskan kembali informasi yang diberikan di soal dengan besaran dan simbol sendiri; memanfaatkan informasi yang diberikan di soal sebagai strategi untuk memecahkan masalah serta menentukan rute mana yang paling efektif. Disarankan untuk terbiasa mengerjakan soal High Order Thinking Skill (HOTS) dengan konteks dan tingkat kesulitan yang bervariasi

Keywords


konteks wisatareligi; literasi numerasi; perbandingan;

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A. s., & Pratama, N. T. (2021, Desember). Belajar dan Berwisata Melalui Objek Wisata Bledug Kuwu pada Bahan Ajar Materi Barisan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 319-330.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, hal. 114-119. UNNES.

Fauzi, F. G., & dkk. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 83-91.

Fianto, F. (2018). Seri Manual GLS:Literasi Numerasi dalam Pengembangan Klub Steam dan Wirausaha di Sekolah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context Problems in Realistic Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 111-129.

Han, W., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayah, N., Jafar, & Kadir. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kendari Pada Materi Perbandingan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 9(2), 281-294.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015, Noember). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemamun Siswa di SMP Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 131-143.

Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121-135.

KEMENDIKBUD_RI. (2022, April 1). Merdeka Belajar Episode 19: Rapor Pendidikan Indonesia. Dipetik November 29, 2022, dari Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=NbD96YWKh84

Lestari, A., Hapizah, Mulyono, B., & Susanti, E. (2022). Kemampuan Numerasi Peserta Didik mealui Implemntasi Blended Learning pada Materi Bilangan Pecahan. J U P I T E K Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 60-70.

Oktiningrum, W., Zulkardi, & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-Like Mathematics Task with Indnesia Natural and Cultural Herritage as Conext to Assess Student's Mathematica Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1-8.

Pangesti, F. T. (2018). Menumbuhkebangkan Literasi Numerasi Pada pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566-575.

Pasandaran, R. F. (2018, February). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) sebagai Assessment Autentik untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 88-105.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.

Rahmawati. (2015). Desain Pembelajaran Perbandingan dengan Menggunakan Kertas Berpetak di Kelas VII. Palembang: PPs Universitas Sriwijaya.

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontes Sosial Budaya pada topik Geometri Jenjang SMP. AKSIOMA, 11(2), 1548-1562.

Sari, N. M. (2020, Maret). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation, 3(1).

Sari, S. P., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2021, April). Students' Numeracy Skills Relating to Algebra Topic Using Covid- 19 Context. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 5(1), 182-192.

Suryanto, T. (2019). Problematika Siswa SMP dalam Mempelajari Perbandingan Dua Besaran dan Alternatif Penyelesaiannya. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 9(1), 1-14.

Susanto, D., Sihombing, S., Radjawane, M. M., & Wardani, A. K. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Utari, R. S. (2020). Belajar Perbandingan dengan pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Surabaya: CV Mitra Mandiri Persada.

Wulandari, I. G., & Puspadewi, K. R. (2016). Budaya dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v4i2.19490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats