PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKAPADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMP

Vivian Alfinia Witanta, Baiduri Baiduri, Siti Inganah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan komik sebagai media pembelajaran matematikadan mendeskripsikan respon dan hasil belajar siswa setelah menggunakan komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi perbandingan kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserach and Develop (R&D) dengan tahap penelitian 3-D, yaitu tahap pengembangan (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Data dikumpulkan dengan instrument penelitian berupa angket terdiri atas lembar validasi dan angket respon siswa serta lembar tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Validasi terdiri dari validasi materi yang menghasilkan nilai rata-rata total 3,625 dengan kategori sangat valid dan validasi media yang menghasilkan nilai rata-rata total 3,47 dengan kategori valid. Angket respon siswa dan lembar tes diberikan kepada subjek setelah uji coba menggunakan komik sebagai media pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh adalah sangat positif dengan persentase 92% untuk respon siswa dan seluruh siswa tuntas dalam tes hasil belajar dengan KKM 75.


Full Text:

PDF

References


Ati, R. S., Trisoni, R., & Kurnia, L. (2014). Pengembangan Media Komik Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Datar. Edusainstika Jurnal Pendidikan MIPA, 1, 1–3.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model of Charactereducation Through E-Comic in Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.

Cho, H., Osborne, C., & Sanders, T. (2015). Classroom Experience about Cartooning as Assessment in Pre-service Mathematics Content Course. Jurnal of Mathematics Education at Teachers College, 6(1), 45–53.

Febrianto, A., Kamid, & Rohati. (2015). Desain Media Komik Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Xaverius 2 Kota Jambi. Edumatica, 05, 1–8.

Fitriani, H. (2012). Pengembangan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Menggunakan Animasi komik Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA) Kusuma Bangsa,Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya, 8(2), 1–11.

Herbst, P., Chazan, D., Chen, C. L., Chieu, V. M., & Weiss, M. (2010). Using comicsbased representations of teaching, and technology, to bring practice to teacher education courses. ZDM The International Journal on Mathematics Education, 1–22.

Kharimah, U., & Muhsetyo, G. (2013). Penggunaan Media Peta Untuk Memahamkan Materi Perbandingan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi pada Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 2 Jetis Kabupaten Mojokerto, Jurnal Universitas Negeri Malang, 1–13.

Novianti, R. D., & Syaichudin, M. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn Ngembung. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 74–85. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/

Pardimin, & Widodo, S. A. (2017). Development Comic Based Problem Solving in Geometry. IEJME Matehematics Education, 12(3), 233–241.

Putri, D. Y. K., & Ariyanti, G. (2015). Pengembangan Komik Matematika Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 1, 22–38.

Rasiman, & Pramasdyahsari, A. S. (2014). Development of Mathematics Learning Media E-Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Jurnal of Education and Research, 2(11), 535–544.

Rittle-Johnson, B., Star, J., & Durkin, K. (2015). The Power of Comparison in Mathematics Instruction: Experimental Evidence From Classrooms. National Science Foundation (NSF), 1–41. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-805086-6.00012-6

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2014). Development of Media-Based Learning Animation for Mathematics Courses in Electrical Engineering, University Riau Kepulauan. International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 3(10), 8332–8336.

Sari, D. S. (2016). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Transformasi Kelas VII SMP. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sepriyanti, N., & Tapia, C. (2018). The Development of Mathematics Comics Media on Linear Equations and Linear Inequalities of One Variable. SHS Web of Conferences, 00115(42), 1–8.

Widodo, S. A., & Wahyudi. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET (The Turkish Online Journal of Educational Technology), 17(1), 154–160.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats