KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS)

Yurika Mariani, Ely Susanti

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan model pembelajaran MEA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Indralaya Utara berjumlah 30 orang. Proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan langkah pembelajaran MEA. Teknik pengumpulan yang digunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan baik  dengan rincian: persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik 21,4%, persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah baik 25%, persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah cukup 39,3% dan persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kurang 14,3%.

Full Text:

PDF

References


Afifah,S.N.(2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII.1 dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)pada materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Palembang.Skripsi. Inderalaya : FKIP UNSRI

Anggraini,L.,Siroj,R.A., & Putri,R.I.I.(2010). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.4(1) : 33-44

Ariawan, R., Nufus. H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 1(2) : 82-91

Ariska, P. (2016). Kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP. Skripsi. Inderalaya : FKIP Unsri

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitiann : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arnyana, I. B. P (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP negeri Singaraja. 3: 496-515

Armada, I. N., Tegeh, I. M., & Sudiana, I. W. (2013) . Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD gugus V kecamatan Sukasada. Tersedia Online :https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/810/683 Diakses pada tanggal 17 Februari 2018 pukul 11:23

Balitbang .(2015). Survei Internasional PISA. (Online). (http://litbangkemdiknas.net/detail. php?id=215), diakses 1 April 2019

Cahyani, H., Setyawati. R.W. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA

Citroresmi, N., Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 2(1) : 13-18

Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP.Jurnal Penelitian Pendidikan.13(2) : 1-10

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta: UNY.

Imron,H.,Somakin & Susanti, E. (2015). Desain Pembelajaran Fungsi menggunakan Receipt pembayaran Listrikdi Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2) : 1-11

Inayah,S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Multipel Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika.3(1) :1-16

Juanda, M., Johar,R., & Ikhsan,M. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMP melalui model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Jurnal Kreano FMIPA UNNES. 5(2) : 105-113

Lestari, P. (2016). Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan PMRI pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 17 Palembang. Skripsi. Inderalaya : FKIP UNSRI

Mawaddah, S. & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (EDU-MAT).3(2): 166-175

Mullis, I., Martin, M.O. dan Foy, P. 2008. TIMSS 2007 International Mathematics Reports. Chesnut Hills: Boston College

NCTM. (2017). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

Noor, A.J., & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3): 250-259.

Nurhadi, M. (2017). Pengaruh strategi means-ends analysis dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. JPPM. 10(1) : 89-97

Oktaviana, D. V., Syafrimen., & Putra, R.W.Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTs Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Pada Konten Perubahan dan Hubungan. Jurnal JES-MAT. 4(1) : 47-56

Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect of Mathematcal Method, second edition. United State: Princeton University Press

Prahani,B.K., Nur, M., Yuanita, L. & Limatahu, I. (2016). Validitas Model Pembelajaran Group Science Learning; Pembelajaran Inovatif di Indonesia. Jurnal Vidya Karya. 31(1) : 72-80

Pratiwi, I. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP. Skripsi. Bandung : FKIP UNPAS. Tersedia Online : http://repository.unpas.ac.id/11375/ diakses pada tanggal 17 Februari 2018 Pukul 11:42

Rahmawati. (2013). Pengaruh strategi Means Ends Analysis dalam meningkatkan kemampuan koneksi,pemecahan masalah,dan disposisi matematis siswa SMP. Thesis. Bandung : UPI

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Ulya, H.(2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang. 2(1) : 90-96

Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta : Kemendiknas

Yulita, F. (2015). Kemampuan siswa memecahkan masalah melalui strategi Means Ends Analysis pada materi Differensial di kelas XI IPA MAN model Banda Aceh. Jurnal Peluang .4(1) : 1-4




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/bajak scatterhttps://pmb.uts.ac.id/cbt/public/hitam/https://ftk.parahikma.ac.id/robopragma/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://fsi.unjani.ac.id/course/scatter/kakekslotakun pro jepangkkn777https://jitel.polban.ac.id/plugins/maria/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/superhoki/https://rsp.unri.ac.id/stats/demoterus/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/styles/menangya/https://elijo.umpwr.ac.id/course/classes/idnslot/https://pmt.unwir.ac.id/dist/demoslot/https://jippm.uho.ac.id/public/site/scatterr/https://digilib.unila.ac.id/style/auto/kkn777casino onlineturbox500

slot gacor slot maxwin slot thailand slot demo togel online bandar togel dagangtoto slot gacor slot gacor slot online slot gacor scatter hitam mulia77 mulia77 slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor https://jdih1.sambas.go.id/assets/ https://jdih1.sambas.go.id/assets/?site=uang4d dagangtoto slot gacor scatter hitam slot gacor mulia77 slot pragmatic slot gacor mulia77 mulia77 dagangtoto rtp slot slot gacor slot gacor slot gacor maxwin slot gacor mulia77 slot maxwin slot gacor maxwin slot gacor slot terpercaya slot gacor maxwin slot pragmatic slot gacor pragmatic play slot gacor mulia77 link slot gacor skl77 slot gacor maxwin77 slot gacor slot thailand slot gacor slot thailand slot gacor terpercaya slot online slot gacor link slot gacor slot online terpercaya mulia77 slot gacor mantap21 mulia77 https://jdih.wantannas.go.id/amp/ slot gacor muliajp slot gacor slot online