KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afifah,S.N.(2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII.1 dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)pada materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Palembang.Skripsi. Inderalaya : FKIP UNSRI
Anggraini,L.,Siroj,R.A., & Putri,R.I.I.(2010). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.4(1) : 33-44
Ariawan, R., Nufus. H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 1(2) : 82-91
Ariska, P. (2016). Kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP. Skripsi. Inderalaya : FKIP Unsri
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitiann : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arnyana, I. B. P (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP negeri Singaraja. 3: 496-515
Armada, I. N., Tegeh, I. M., & Sudiana, I. W. (2013) . Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD gugus V kecamatan Sukasada. Tersedia Online :https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/810/683 Diakses pada tanggal 17 Februari 2018 pukul 11:23
Balitbang .(2015). Survei Internasional PISA. (Online). (http://litbangkemdiknas.net/detail. php?id=215), diakses 1 April 2019
Cahyani, H., Setyawati. R.W. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA
Citroresmi, N., Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 2(1) : 13-18
Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP.Jurnal Penelitian Pendidikan.13(2) : 1-10
Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta: UNY.
Imron,H.,Somakin & Susanti, E. (2015). Desain Pembelajaran Fungsi menggunakan Receipt pembayaran Listrikdi Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2) : 1-11
Inayah,S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Multipel Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika.3(1) :1-16
Juanda, M., Johar,R., & Ikhsan,M. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMP melalui model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Jurnal Kreano FMIPA UNNES. 5(2) : 105-113
Lestari, P. (2016). Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan PMRI pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 17 Palembang. Skripsi. Inderalaya : FKIP UNSRI
Mawaddah, S. & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (EDU-MAT).3(2): 166-175
Mullis, I., Martin, M.O. dan Foy, P. 2008. TIMSS 2007 International Mathematics Reports. Chesnut Hills: Boston College
NCTM. (2017). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.
Noor, A.J., & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3): 250-259.
Nurhadi, M. (2017). Pengaruh strategi means-ends analysis dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. JPPM. 10(1) : 89-97
Oktaviana, D. V., Syafrimen., & Putra, R.W.Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTs Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Pada Konten Perubahan dan Hubungan. Jurnal JES-MAT. 4(1) : 47-56
Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect of Mathematcal Method, second edition. United State: Princeton University Press
Prahani,B.K., Nur, M., Yuanita, L. & Limatahu, I. (2016). Validitas Model Pembelajaran Group Science Learning; Pembelajaran Inovatif di Indonesia. Jurnal Vidya Karya. 31(1) : 72-80
Pratiwi, I. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP. Skripsi. Bandung : FKIP UNPAS. Tersedia Online : http://repository.unpas.ac.id/11375/ diakses pada tanggal 17 Februari 2018 Pukul 11:42
Rahmawati. (2013). Pengaruh strategi Means Ends Analysis dalam meningkatkan kemampuan koneksi,pemecahan masalah,dan disposisi matematis siswa SMP. Thesis. Bandung : UPI
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Ulya, H.(2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang. 2(1) : 90-96
Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta : Kemendiknas
Yulita, F. (2015). Kemampuan siswa memecahkan masalah melalui strategi Means Ends Analysis pada materi Differensial di kelas XI IPA MAN model Banda Aceh. Jurnal Peluang .4(1) : 1-4
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats