• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) | Mariani | Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

    KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS)

    Yurika Mariani, Ely Susanti

    Abstract


    Penelitian ini adalah penelitian deskriptif  bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan model pembelajaran MEA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Indralaya Utara berjumlah 30 orang. Proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan langkah pembelajaran MEA. Teknik pengumpulan yang digunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan baik  dengan rincian: persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah sangat baik 21,4%, persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah baik 25%, persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah cukup 39,3% dan persentase siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah kurang 14,3%.

    Full Text:

    PDF

    References


    Afifah,S.N.(2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII.1 dalam Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)pada materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 1 Palembang.Skripsi. Inderalaya : FKIP UNSRI

    Anggraini,L.,Siroj,R.A., & Putri,R.I.I.(2010). Penerapan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika.4(1) : 33-44

    Ariawan, R., Nufus. H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). 1(2) : 82-91

    Ariska, P. (2016). Kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP. Skripsi. Inderalaya : FKIP Unsri

    Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitiann : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

    Arnyana, I. B. P (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP negeri Singaraja. 3: 496-515

    Armada, I. N., Tegeh, I. M., & Sudiana, I. W. (2013) . Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD gugus V kecamatan Sukasada. Tersedia Online :https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/810/683 Diakses pada tanggal 17 Februari 2018 pukul 11:23

    Balitbang .(2015). Survei Internasional PISA. (Online). (http://litbangkemdiknas.net/detail. php?id=215), diakses 1 April 2019

    Cahyani, H., Setyawati. R.W. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA

    Citroresmi, N., Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 2(1) : 13-18

    Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP.Jurnal Penelitian Pendidikan.13(2) : 1-10

    Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta: UNY.

    Imron,H.,Somakin & Susanti, E. (2015). Desain Pembelajaran Fungsi menggunakan Receipt pembayaran Listrikdi Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2) : 1-11

    Inayah,S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Multipel Matematis Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika.3(1) :1-16

    Juanda, M., Johar,R., & Ikhsan,M. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMP melalui model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Jurnal Kreano FMIPA UNNES. 5(2) : 105-113

    Lestari, P. (2016). Kemampuan pemecahan masalah siswa dengan penerapan PMRI pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 17 Palembang. Skripsi. Inderalaya : FKIP UNSRI

    Mawaddah, S. & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika (EDU-MAT).3(2): 166-175

    Mullis, I., Martin, M.O. dan Foy, P. 2008. TIMSS 2007 International Mathematics Reports. Chesnut Hills: Boston College

    NCTM. (2017). Principles and Standards for School Mathematics. Reston. VA: NCTM.

    Noor, A.J., & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 2(3): 250-259.

    Nurhadi, M. (2017). Pengaruh strategi means-ends analysis dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. JPPM. 10(1) : 89-97

    Oktaviana, D. V., Syafrimen., & Putra, R.W.Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTs Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Pada Konten Perubahan dan Hubungan. Jurnal JES-MAT. 4(1) : 47-56

    Polya, G. (2004). How To Solve It: A New Aspect of Mathematcal Method, second edition. United State: Princeton University Press

    Prahani,B.K., Nur, M., Yuanita, L. & Limatahu, I. (2016). Validitas Model Pembelajaran Group Science Learning; Pembelajaran Inovatif di Indonesia. Jurnal Vidya Karya. 31(1) : 72-80

    Pratiwi, I. P. (2016). Pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP. Skripsi. Bandung : FKIP UNPAS. Tersedia Online : http://repository.unpas.ac.id/11375/ diakses pada tanggal 17 Februari 2018 Pukul 11:42

    Rahmawati. (2013). Pengaruh strategi Means Ends Analysis dalam meningkatkan kemampuan koneksi,pemecahan masalah,dan disposisi matematis siswa SMP. Thesis. Bandung : UPI

    Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

    Ulya, H.(2016). Profil kemampuan pemecahan masalah siswa bermotivasi belajar tinggi berdasarkan ideal problem solving. Jurnal Konseling Gusjigang. 2(1) : 90-96

    Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Yogyakarta : Kemendiknas

    Yulita, F. (2015). Kemampuan siswa memecahkan masalah melalui strategi Means Ends Analysis pada materi Differensial di kelas XI IPA MAN model Banda Aceh. Jurnal Peluang .4(1) : 1-4




    DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



    Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
    Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
    Faculty of Teacher Training and Education
    Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
    Kampus FKIP Bukit Besar
    Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
    Palembang - 30139 Indonesia
    email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
    contact person: +6281354633381 (Weni)

    p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



    Indexed in:

    Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

    Creative Commons License

    Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

     

    View My Stats