PENERAPAN STRATEGI PROBING PROMPTING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat respons dan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 di SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Hasil penelitian menyatakan bahwa respons siswa dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi tergolong Baik dengan rata-rata 71,19. Siswa telah mampu memberikan tanggapan dan menjawab dengan baik setiap pertanyaan yang dikemukakan oleh guru. Hasil belajar siswa tergolong Baik dengan rata-rata 71,92. Siswa sudah bisa menjawab soal dengan level C1 dan C2, walaupun masih mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan soal dengan level C4.
Full Text:
PDFReferences
Hapizah. (2014). Analisis Materi Persamaan Diferensial untuk Perkuliahan dengan Strategi Probing Prompting. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Vol.7
Herawati, A.S. (2014). Konstruksi Konsep Relasi dan Fungsi dalam Sistem Gui Matlab. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2
Ihsan, I.R & Pradipta, T.R. (2015). Pembelajaran Fungsi di Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Sunda. Research Gate
Lasmo, S.R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.6
Magthwi. A.A.A. (2015). The Effectiveness Probing Questions Strategy in The Development of Thinking Skills in The Islamic Education Courses Using A Sample of Intermediate School Students in Riyadh. Euroipian Scientific Journal. Vol.2
Neni, S. (2015) Meningkatkan Penalaran Siswa Terhadap Soal Matematika Berbasis Cerita Melalui Teknik Probing-prompting pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar bagi Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Kemranjen. Sainteks. Vol.12
Permendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta : Kemendikbud
Pratiwi, D.D., Ramlah, & Roesdiana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. SESIOMADIKA.
Sari, W.P & Zuzano, F. (2012). Analisis Kesalahan Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMPN 3 X Koto Singkarak. Jurnal Pendidikan Matematika.
Siregar, L.H & Mulyana, R. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Probing prompting Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Stabat. Jurnal Education Buuilding. Vol.2
Sudarti, T. (2008). Perbandingan Kemampuan Penalaran Adatif Siswa SMP antara yang Memperoleh Pembelajaran Matematika melalui Teknik Probing dengan Metode Ekspositori. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandung: UPI Bandung.
Suherman, E. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung : Tidak Diterbitkan
Sumadi, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sumarsih. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1
Utoyo, T. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi Melalui Model Course Review Horray bagi Peserta Didik XI IPA 4 SMA N 1 Mayong. Aksioma.Vol.8
Widyastuti, D.A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Probing prompting untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat. e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9567
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats