PENERAPAN MODEL GENERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LIMIT KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model generative learning pada materi limit di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 peserta didik, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes belajar, yang didukung oleh observasi, dan wawancara untuk memperoleh data tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I secara klasikal adalah 72,22% (20 peserta didik) dengan rata-rata mencapai 80,83. Sedangkan persentasi pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II adalah 100% (36 peserta didik) dengan rata-rata mencapai 88,94. Sedangkan hasil observasi dan wawancara menyatakan peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model generative learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi limit di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Palembang.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2006:97). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Balka, Hull & Miles, H. (2012). What is Conceptual Understanding? http://www.mathleadership.com/sitebuildercontent/sitebuilderfiles/conceptualUnderstanding.pdf. Diakses 28 Desember 2016.
Chance, B., Peck, R., Poly, C., Luis, S., & Obispo, S. L. (2014). From Curriculum Guidelines to Learning Objectives: A Survey of Five Statistics Programs. San Luis Obispo, California. http://doi/org/10.5948/UPO9780883859759.018.
Elianti, Maulina, R., & Milizar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Generative Learning pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 4 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : 193-199.
Hakim, A.R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 4(3): 196-207
Hassard. (2008). Generative Model. http://scied.gsu.edu/Hassard/mos/7.6.html Diakses 28 Desember 2016.
Kartinah. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Generatif (MPG) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mahapeserta didik Jurusan Pendidikan Matematika. http://www.e-jurnal.com/2014/04/penggunaan-model-pembelajaran-generatif.html. Diakses 2 Januari 2019.
Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah / Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK). Jakarta: Kemdikbud.
Lusiana, Hartono, Y., & Saleh, T. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Generatif (MPG) untuk Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 29-47.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik pada pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pembelajaran Generatif (Generative Learning) SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2) :166-175.
Mona, L. (2012). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Pembelajran Generatif Peserta didik SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, P-53. (505-514).
Nurdiyanto, T., (2019). Trigonometri; Mengupas Konsep Dasar dan Pembelajarannya, Yogyakarta: Matematika Graha Ilmu.
Nurdiyanto, T., Hartono, Y., & Indaryanti. (2018). Pendesaianan LKPD Materi Trigonometri Berbasis Generative Learning di Kelas X. Telah disampaikan pada Seminar Nasional Pendidkan dan Lokakarya PISA serta Kontes Literasi Matematika Universitas Sriwijaya di Palembang, 15 Desember 2018.
Nurdiyanto, T., Hartono, Y., & Indaryanti. (2017). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Menggunakan Model Generative Learning pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. 141-151.
Osborne, R. J., & Wittrock, M. C. (1985). The Generative Learning Model and its Implications for Sciences Education. Studies in Science Education, 12: 59-87.
Prabandari, I. A. D. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 2 Mataram. Maratarm: FKIP Universitas Mataram
Rupalestari, D., Hartono, Y., & Hapizah. (2018). Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Peluang Melalui Model Connected Mathematicss Project di Kelas VIII. Jurnal Gantang, 2: 63-71.
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi pada Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Neeri 5 Kendali. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematka, 2(1).
SMA Negeri 2 Palembang, LCK Peserta Didik SMA Negeri 2 Palembang, 2018.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarni, D., Budiyono, & Retno, D. S. S., (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pokok Bahasan Limit Fungsi ditinjau dari Kecemassan Belajar Matematka. Jurnal [Online]. Tersedia: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3522/245.pdf. Diakses 3 Januari 2019.
DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
Indexed in:
Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats