ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA LEVEL MULTISTRUCTURAL BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO PLUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

Tiya Ariyana, Mirta Fera, Febrian Febrian

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa pada level multistructural berdasarkan taksonomi SOLO Plus dalam meyelesaikan soal materi persamaan lingkaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI RPL 1 SMKN 4 Tanjungpinang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data meliputiteknik tes, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi serta menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data sebagai pengecekan keabsahan data. Instrumen dalam penelitian ini meliputi soal tes berbentuk uraian dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian ini berupa karakteristik kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa sesuai dengan kriteria level multistructural berdasarkan taksonomi SOLO Plus dalam menyelesaikan soal materi persamaan lingkaran.

Full Text:

PDF

References


Agustina, I. R. (2015). Analisis kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika bentuk uraian berdasarkan taksonomi SOLO (PhD Thesis). Universitas Negeri Semarang.

Arpan. (2013). Level berpikir matematis siswa kelas XII SMAN 2 Bengkulu Selatan tentang jarak dan sudut pada kubus ditinjau dari extended level triad++ dan taksonomi SOLO(PhD Thesis). Universitas Bengkulu.

Ismawati, D. A. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika sub pokok bahasan hubungan antar sudut kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(1).

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi SOLO Plus pada kelas VIII. Jurnal MatheUnnesa, 1(1).

Putri, D. A. K. (2014). Analisiskesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan konstruksi statis tertentu berdasarkan taksonomi SOLO Plus pada kelas X TGB SMK NEGERI 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(1/JKPTB/14).

Silitonga, N., & Febrian, F. (2016). Penyelesaianmasalah bangun datar siswa kelas VII: kesalahan dan kategorisasinya. Jurnal Gantang, 1(2), 57–68.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alvabeta CV.

Sunardi, Hartanto. (2013). Pengembangan taksonomi 'SOLO' mahasiswa dalam aljabar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Surabaya, 01 Juli 2013.

Suryaningrum, E. A., & Febrian, F. (2016). Dualmode error analysis: penyelesaian permasalahan luas permukaan serta volume prisma dan limas siswa kelas VIII SMP. Jurnal Gantang, 1(2), 25–38. https://doi.org/10.31629/jg.v1i2.49.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats