KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

Freti Lesiana, Cecil Hiltrimartin

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi Relasi dan Fungsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi dimana subjek penelitiannya berjumlah 30 orang dari Siswa-siswi Kelas VIII D SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Data diperoleh dengan melakukan tes kepada siswa untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Data hasil kemampuan penalaran didapatkan setelah mengerjakan soal tes. Soal tes diberikan setelah proses pembelajaran dengan MEAs dan mengacu pada indikator penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pendekatan MEAs tergolong cukup.


Keywords


Kemampuan Penalaran Matematis, MEAs

Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma. 2(1): 18-33.

Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1): 77-86.

Chamberlin, S.A & Sidney M. Moon. (2008). How Does the Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Acvtivity in Mathematics?. http://cimt.plymouth.ac.uk. Diakses pada 20 Maret 2018.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Djaali & Muldjono, P . (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Dux, H. A., Bowman, K., Zawojewski, J. S., & Hjalmarson, M. (2006). Quantifying aluminum crystal size part 1: The model-eliciting activity. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 7(1/2): 51.

Fadilah, N, Edy Surya. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Eliciting Activities dan Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 38 Medan. Inspiratif, 3(1)

Hamilton, Richard Lesh, Frank Lester, & M Brilleslyper. (2008). Model-Eliciting Activities (MEAs) as a Bridge Between Engineering Education Research and Mathematics Education Research. Advance in Engineering Education. http://advances.asee.org/vol01/issue02/papers/ aeevol01- issue02-p06.pdf. Diakses pada 20 Maret 2018.

KBBI. (2018). http://kbbi.web.id/. Diakses pada 22 Maret 2018.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran berbasis Masalah. Suska Journal of Mathematics Education. 2(2): 97-102.

Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS: 28-47.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Educationist, 1(2), 116-123.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2010). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berfikir dan Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika, 25 Februari 2012, NTT.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA UPI.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1): 1-10.

Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1): 15-24.

Thomson, Jill. 2006. Assessing Mathematical Reasoning: An Action Research Project. www.tp.edu.sg/../assessing.reasoning.pdf. Diakses tanggal 8 Februari 2018

Wardani, I. F. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Clis (Children Learning In Science) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Smp N 3 Getasan Kabupaten Semarang. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 1-10.

Wardhani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: PPPPTK

Wulandari, W., Darmawijoyo, D., & Hartono, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Pemodelan Matematika Terhadap Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(1), 114-126.

Yenni dan Ragil, S.A. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together. Jurnal Prima. 5(2): 73-81.

Yulianti, D. E., Wuryanto, W., & Darmo, D. (2013). Keefektifan Model-Eliciting Activities Pada Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1): 17-23.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.9639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

   width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats