ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN

Magfirah Magfirah, Erni Maidiyah, Suryawati Suryawati

Abstract


Siswa umumnya mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita, khususnya pada bidang geometri. Hal tersebut disebabkan siswa belum terlatih menyelesaikan soal berbentuk cerita. Newman menyatakan untuk menyelesaikan soal cerita menggunakan 5 langkah: (1) membaca soal, (2) memahami masalah, (3) transformasi, (4) keterampilan proses, (5) penulisan jawaban. Penelitian ini bertujuan mengetahui kesalahan serta penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menyelesaikan  soal cerita matematika pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar berdasarkan prosedur Newman di MTsN Model Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik purposive sampling digunakan dalam pemilihan subjek, dipilih 7 dari 33 siswa kelas IX-2 yakni  2 kelompok berkemampuan tinggi dan sedang, dan 3 kelompok berkemampuan rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan wawancara.  Analisis data dilakukan  dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa telah berusaha mengimplementasikan prosedur Newman, namun terdapat beberapa kesalahan. Kesalahan transformasi yang dilakukan oleh 6 siswa. 1 subjek penelitian melakukan kesalahan keterampilan proses. 1 subjek penelitian melakukan kesalahan penulisan jawaban.


Keywords


kesalahan siswa, soal cerita matematika, prosedur Newman

Full Text:

PDF

References


Ariyana, T., Fera, M., & Febrian, F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Pada Level Multistructural Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Dalam Menyelesaikan Soal Materi Persamaan Lingkaran. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), hal 55-63.

Basuki, N. R. (2012). Analisis Kesulitan Siswa SMK Pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS, Surakarta.

Boediyono. (2008). Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita Dalam Pembelajaran Matematika. PAEDAGOGIA, 11(1), 1-8.

BSNP. (2015). Laporan hasil UN SMP/MTs Tahun Pelajaran 2014/2015, (online), (https://bsnp-indonesia.org), diakses 2 Agustus 2019.

Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in assam (india): an analysis using newman procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(1), 17-21.

Kartono, K. (2010). Hands On Activity Pada Pembelajaran Geometri Sekolah Sebagai Asesmen Kinerja Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 1(1).

Lipianto, D. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegipanjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas VII. MATHEdunesa, 2(1), 1-8.

Ma’rufi. (2011). Kemampuan Matematika dan Gaya Berfikir Mahasiswa. Jurnal FKIP UNCP, 2(2), 28-44.

Bella Pertiwi, D. H. I. T. A. (2017). Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Smp Ditinjau Dari Level Fungsi Kognitif Rigorous Mathematical Thinking. Mathedunesa, 5(3), 1-10.

Priyanto, A, dkk. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Artikel ilmiah mahasiswa, 1(1), 1-5.

Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1(2).

Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Sahriah, S. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. SKRIPSI Jurusan Teknik Mesin-Fakultas Teknik UM.

Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2), 1-7.

Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Dan Volume Limas. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Tim Pengembang Ilmu pendidikan FIP UPI. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Trianto. (2011). Pengantar penelitian penddikan bagi pengembangan profesi pendidikan dan tenaga kependidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats