PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERSISTENCE (KEGIGIHAN) MATEMATIS SISWA DI SMP

Ayen Arsisari

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kegigihan (persistence) matematis siswa SMP dalam pelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kegigihan (persistence) matematis antara siswa yang memperoleh pendekatan PCL (Problem Centered Learning) dan pembelajaran konvensional.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok control non-equivalent design menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil subjek penelitian adalah siswa salah satu SMP Negeri di Kota Bandung.Sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas eskperimen dengan jumlah 34 siswa dan siswa kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematis, Angket kegigihan dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa.Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji perbedaan rata-rata dan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kegigihan (persistence) matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan PCL dan pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan kegigihan (persistence) matematis anatara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PCL ditinjau dari kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah); (3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran yang digunakan (PCL, Konvensional dengan KAM (tinggi sedang, rendah) terhadap peningkatan kegigihan (persistence) matematis siswa.


Keywords


PCL (Problem Centred Learning) approaching, Persistance, mathematical

Full Text:

PDF

References


Apriliana (2019).The Effect of a Problem Centered Learning on Student’s Mathematical CriticalThinking. JRAMathEdu (Journal of research and advances in mathematics education) Vol. 4, No.2, July 2019

Costa, L.A & Kallick, B. (2012) .Belajar dan Memimpin dengan KebiasaanPikiran 16 Karakteristik Penting untuk Sukses. Jakarta: PT Indeks. Duckworth, A. (2016). Grit: Kekuatan Passion dan Kegigihan. Jakarta: Gramedia

Eriel, Obiet. (2018). Sifta yang bisa Membuat Anda Suskes. Tresedia Online[https://www.jurnal.id/id/blog/2018-15-sifat-yang-bisa-membuat-anda-sukses-dalamdunia-usaha/] diunduh pada 25 April 2019 (internet)

Hamalik, O. (2009). Psikologi Belajar & Mengajar.Bandung : Sinar Baru Algensind

Hitchcock, S., Carr, L., & Hall, W. (1996). A Survey of STM Online Journals, 1990-1995: The Calm before the Storm, (Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey/survey.html), diakses 12 Juni 1996

Johnson, E.B. 2007. Contextual Teaching &Learning(terjemahan Ibnu Setiawan). Bandung: MLC.

Kumaidi. (1998). Pengukuran Bekal Awal Belajar dan Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 5, No. 4, (http://www.malang.ac.id), diakses 20 Januari 2000

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta:Depdikbud

Saragih, S. (2007).Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikas Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik. DisertasiDoktor pada PPS Universitas Pendidikan Indonesias Bandung: TidakDiterbitkan

Shodikin, A. (2015). InteraksiKemampuan Awal MatematisSiswa dan Pembelajaran DenganStrategi Abduktif-DeduktifTerhadap Peningkatan KemampuanPenalaran dan DisposisMatematisSiswa. Inspiramatika, Vol 1(1), pp. 61-72.

Sturman, E. D., & Zappala-Piemme, K. (2017).Development of the grit scale for children and adults and its relation to student efficacy, test anxiety, and academic performance. Learning and Individual Differences, 59, 1–10. https://doi.org/10.1016/jdi unduh pada 24 April 2019

Suhendri (2006).Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa SMA Melalui Problem Centered Learning (PCL). Tesis UPI: Tidak diterbitkan Sugiyono (2011).Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sunaryo (2016).Peningkatan Hasil Belajar Dan Kegigihan Siswa Pada PelajaranKewirausahaan Melalui Pembelajaran Model Discovery Inkuiri Dan Penugasan DiSMK Muh 2 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013: Issn: 2442-4994 Vol.4. No.1 (2016), 74-83

Syah, M. (2010).Psikologi Belajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta:PT. Armas Duta Jaya

Uno, Hamzah B & Lamtenggo, N. (2010). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.

Wilson, D. (1995). Summary of Citing Internet Sites. NETTRAIN Discussion List, (Online), (NETTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu), diakses 22 November 1995.

Zamnah dan Lala Nailah. (2019). Analisis Self-Regulated Learning yang Memperoleh PembelajaranMenggunakan Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Hands-On Activity. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2019)




DOI: https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika



Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Department of Undergraduate Program on Mathematics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: lenterasriwijaya@fkip.unsri.ac.id
contact person: +6281354633381 (Weni)

p-ISSN: 2685-9564 | e-ISSN: 2684-7175



Indexed in:

Soil Science - Jurnal Ecosolum Terakreditasi Sinta 4 Unhas (Journal of  Ecosolum Unhas Accredited Sinta 4)  width=120

Creative Commons License

Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats