KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN ANGKUT PRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI OVERBURDEN PADA ALAT ANGKUT ARTICULED DUMP TRUCK VOLVO A 40F DI PT LEMATANG COAL LESTARI KABUPATEN MUARA ENIM

Firmansyah ., Eddy Ibrahim, Fuad Rusydi Suwardi

Abstract


PT. Lematang Coal Lestari (PT. LCL) merupakan perusahaan kontraktor pertambangan batubara dengan sistem tambang terbuka. Kegiatan penambangan overburden menggunakan 1 unit excavator Volvo 700 BLC dan 6 unit alat angkut Articuled Dump Truck Volvo A 40F jarak pengangkutan ±1,7 km. Target produksi periode Maret 2017 260 Bcm/Jam, namun ketercapaian hanya 225 Bcm/Jam. Berdasarkan pengukuran dengan jumlah segmen terdiri 13 segmen terdapat beberapa segmen jalan yang masih belum memenuhi standar untuk alat angkut yang digunakan meliputi lebar jalan angkut keadaan lurus pada segmen, C-D = 11 m, D-E = 11 m, tikungan pada segmen B-C= 15 m, kemiringan jalan angkut terbesar pada segmen C-D = 13,04 % yang menyebabkan perlambatan pada saat alat angkut berlintasan dan belum dapat dikatakan aman ditinjau dari segi Keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teknis geometri jalan angkut yang mengacu pada dimensi alat angkut yang digunakan dan kemiringan jalan sesuai dengan ketetapan departemen SHE PT. LCL sebesar 8 % - 9 %. Setelah dilakukan kajian terhadap geometri jalan angkut, maka didapatkan lebar minimum jalan angkut dalam keadaan lurus  adalah 13 m, lebar jalan angkut tikungan 21 m dan kemiringan jalan angkut terbesar 8,70 %. Waktu edar alat angkut menjadi 13,44 menit dari waktu sebelumnya sebesar 15,69 menit. Dengan efisiensi kerja aktual sebesar 67 % diperkirakan peningkatan produksi Articuled Dump Truck Volvo A 40F sebesar 263 Bcm/Jam.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v2i3.7396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats 

 

 

Index by

Garuda logo

Google Scholar logo

 

Sponsored By

Hasil gambar untuk icon portaltambang