PENGARUH GEOMETRI JALAN SEBELUM DAN SETELAH PERBAIKAN JALAN TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SERTA RASIO BAHAN BAKAR

Andi kurniawan, Muhamad amin, Bochori .

Abstract


Sistem penambangan batubara yang digunakan pada penelitian ini yaitu sistem tambang terbuka dengan metode strip mine karena kedudukan endapan batubara yang relatif datar dan berbagai lapisan. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktifitas alat adalah jalan produksi yang digunakan. Jalan produksi yang baik adalah jalan yang dapat memberikan tempat bergerak yang optimum bagi kendaraan yang beroperasi. Jalan produksi yang menghubungkan front utara ke disposal area utara berjarak ± 600 meter yang terdiri dari 6 segmen. Tujuan penelitian yaitu mengevaluasi geometri jalan yang sesuai dengan standar spesifikasi dump truckKomatsu HD 785-7, mengevaluasi produktivitas alat angkut (dump truck) secara actual dan teoritis dan mengevaluasi rasio bahan bakar dumpt truck Adanya evaluasi pada segmen tersebut ternyata dapat diketahui berbagai kondisi yang menyebabkan hambatan pada waktu alat angkut terutama pada lebar jalan yang masih belum standar, maka perlu adanya perbaikan geometri jalan produksi pada jalur lurus dengan lebar 24 meter, dan lebar pada jalan tikungan pada segmen dengan lebar 28 meter, selain itu dengan pembuatan cross slope sebesar 48 cm dan pembuatan superelevasi di jalan tikungan pada segmen sebesar 0,034 sehingga beda tinggi antara sisi dalam dan sisi luar harus di buat 0,95 meter, serta melakukan perkerasan jalan pada segmen tertentu berdasarkan hasil pengujian  dengan metode DCP yang berfungsi mengetahui daya dukung tanah sehingga setelah dilakukan perbaikan dan perkerasan jalan diperoleh peningkatan produktivitas yang mulanya sebesar 152,20 bcm/jam menjadi 157,68 bcm/jam.  Selain produktivitas, dengan adanya perbaikan jalan dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar serta rasio bahan bakar yang mulanya 71,961 liter/jam dan 0,473 liter/bcm menjadi 58,745 liter/jam dan 0,373 liter/bcm.

 

Kata Kunci:   Geometri jalan, produktivitas,surface mining, konsumsi bahan bakar,rasio bahan bakar


Full Text:

PDF

References


Sukirman, S. (1999), Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: Nova.

Aldiansyah, Husain, J. R., Nurwaskito, A. (2016).Analisis Geometri Jalan di Tambang Utara pada PT Ifishdeco Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara,Jurnal Geomine, 4 (1), 40.

Tannant, D. (2001).Guidelines for Mine Haul Road Design.Okanagan: University of British Columbia.

Indonesianto, Y. (2014).Pemindahan Tanah Mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan – FTM. Yogyakarta:Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Indonesianto, Y. (2005).Pemindahan Tanah Mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan – FTM. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Azwari, R. (2014).Evaluasi Jalan Angkut dari Front Tambang Batubara menuju Stockpile Block B pada

Penambangan Batubara di PT Minemex Indonesia Desa Talang Serdang Kecamatan Mandiangin Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi.Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba, Bandung: Universitas Islam Bandung.

Webster, S.L. (1994). Description and Application of Dual MassDynamic Cone Penetrometer.Minneapolis: USAE Academy.

Webster, S.L. (1992). Force Projection Site Evaluation Using the Electric Cone Penetrometer (ECP) and the Dynamic Cone Penetrometer (DCP).Minneapolis: USAE Academy.

Prodjosumarto, P. (1996).Pemintahan Tanah Mekanis.Bandung: Intitut Teknologi Bandung.

Tenriajeng, A.T. (2003). Pemindahan Tanah Mekanis. Jakata: Gunadarma.




DOI: https://doi.org/10.36706/jp.v3i1.8430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats 

 

 

Index by

Garuda logo

Google Scholar logo

 

Sponsored By

Hasil gambar untuk icon portaltambang