• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI KOTA PALEMBANG | Sayati | Majalah Kedokteran Sriwijaya

    ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI BIDAN PRAKTIK MANDIRI KOTA PALEMBANG

    Dewi - Sayati

    Abstract


    Masalah kesehatan di Indonesia saat ini adalah status kesehatan masyarakat yang masih rendah, antara lain ditandai dengan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang tinggi. Menurut laporan WHO tahun 2014 Angka kematian Ibu (AKI) di dunia yaitu 289.000 jiwa. Angka kematian ibu negara-negara Asia Tenggara yaitu Indonesia 214 per 100.000 kelahiran hidup (WHO, 2014). Penelitian ini bertujuan : untuk diketahuinya analisis kualitas pelayanan kesehatan di Bidan Praktek Mandiri Andina Primitasari Palembang Tahun 2018. Metode penelitian : menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang ke Bidan Praktek Mandiri Andina Primitasari palembang untuk memperoleh pelayanan kesehatan, yang berjumlah 44 responden, tehnik pengambilan sampel menggunakan Conseccutive Sampling. Teknik pengumpulan data dengan data primer (kuesioner dan observasi) dan data sekunder. Analisis data dengan menggunakan uji statistik chi-square dengan nilai ?=0,05. Hasil penelitian : di dapatkan bahwa bukti fisik  (pvalue=0,013), kehandalan (pvalue=0,031), daya tanggap (pvalue=0,027), jaminan (pvalue=0,031), dan empati (pvalue=0,062). Simpulan : bahwa ada hubungan antara bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, dan jaminan dengan pelayanan kesehatan dan tidak ada hubungan antara empati dengan pelayanan  kesehatan. Disarankan : Diharapkan meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana, agar pasien lebih merasa nyaman dalam menunggu, seperti sarana area parkir dan ruang tunggu yang lebih luas lagi.

    Keywords


    : Kualitas; pelayanan kesehatan

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/mks.v51i3.9206

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.




     

    Indexed in:

            .                 

     


    Editorial Office

    Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
    Jl. Dr. Moehammad Ali Kompleks RSMH Palembang 30126, Indonesia

    Telp. 0711-316671, Fax.: 0711-316671

    Email:mksfkunsri@gmail.com 

     
    Flag Counter
    Web Analytics View My Stats