• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS E-LEARNING DAN TANPA E-LEARNING- PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI MEKANIK PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI | Kurniawan | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS E-LEARNING DAN TANPA E-LEARNING- PADA MATAKULIAH TEKNOLOGI MEKANIK PRODI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FKIP UNSRI

    Elfahmi Dwi Kurniawan

    Abstract


    Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mahasiswa menggunakan pendekatan saintifik berbasis e-learning dengan mahasiswa menggunakan pendekatan saintifik tanpa menggunakan e-learning pada mata kuliah Teknologi Mekanik mahasiswa tingkat I Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri. Penelitian bersifat quasi eksperimen dengan membandingkan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri angkatan 2016 yang terdiri dari 2 kelas yaitu 1) kelas Palembang berjumlah 18 mahasiswa dan 2) kelas Indralaya berjumlah 36 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan undian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar mahasiswa yang diperoleh dari nilai hasil test akhir sebanyak 20 soal objektif. Kemudian data diolah dengan uji t (t-test).  Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil belajar kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 62,94 sedangkan untuk kelas control nilai rata-rata kelasnya 62.36. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan SPSS, didapatkan nilai signifikansi 0.606 dengan taraf kepercayaan 95% dengan probalitas signifikansi 0.05. Karena 0.606 > 0.05 maka hipotesis nol (H0) diterima, bahwa tidak ada perbedaan yang positif antara penerapan pendekatan saintifik berbasis E-Learning dengan pembelajaran pendekatan saintifik tanpa menggunakan e-learning pada matakuliah teknologi mekanik di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Unsri.


    Full Text:

    PDF

    References


    Amstead, B. H. and Dkk (1995) Teknologi Mekanik Jilid 1. Edisi Ketujuh Versi S1. Jakarta: Erlangga.

    Arifin, Z. (2009) Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

    Daryanto (2014) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

    Hanum, N. S. (2013) ‘Keefektifan E-learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto)’, Jurnal Pendidikan Vokasi Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

    Hartley, D. E. (2010) Selling E-learning. American Society for Training and Development.

    Hernawati, K. (2011) ‘E-Learning Adaptif Berbasis Karakteristik Peserta Didik’, in Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, pp. 1–10. Available at: http://eprints.uny.ac.id/7174/1/PM-9 - Kuswari Hernawati.pdf.

    Kurniasih, I. and Sani, B. (2014) Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

    Naidu, S. O. M. (2006) A Guidebook of Principles, Procedures and Practices. Melbourne: CEMCA.

    Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 49 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Tinggi (2014).

    Sagala, S. (2013) Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

    Sani, R. A. (2014) Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

    Siahaan, S. (2003) ‘E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 42(9).

    Simonson, M. and Al, E. (1999) Theory and Distance Education: A New Discussion.

    Soekartawi (2003) E-learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional E-learning Perlu Pengaruh E-learning untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa E-Library’ di Universitas Kristen Petra Surabaya.

    Sudjana, D. (2010) Manajemen Program Pendidikan: untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

    Sudjana, N. (2011) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

    Tantri, N. R. (2018) ‘Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh’, Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), pp. 19–30. doi: 10.33830/ptjj.v19i1.310.2018.

    Uno, H. B. and Mohamad, N. (2011) Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

    Winarno, W. and Setiawan, J. (2013) ‘Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling)’, Jurnal ULTIMA InfoSys, 4(1), pp. 45–51. doi: 10.31937/si.v4i1.241.

    Yaniawart, R. P. (2012) ‘Pengaruh E-Learning untuk Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXI(3).




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.11511

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.