IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI MATA PELAJARAN KMKE SISWA SMK N 2 PENGASIH
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Kelistrikan mesin dan Konversi Energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa jurusan teknik mesin kelas X berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis. Data dianalisis menggunakan deskritif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah metode diterapkan dengan membuat kelas menjadi berjumlah 16 siswa. Siswa dituntut untuk belajar berbicara, guru menunjuk seorang siswa untuk menerangkan sebuah materi, materi ditentukan dan diambilakan dari slide media pembelajaran. Siswa menerangkan kepada teman satu kelasnya, jika penjelasan siswa belum bisa dipahami oleh seluruh siswa, guru menjelaskan hingga materi dapat dipahami. Semua siswa akan mendapat kesempatan maju kedepan menjelaskan materi. Siklus I ada peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 8,89 %. Siklus II, ada peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 2,92%. Siklus III ada peningkatan prestasi belajar siswa sebanyak 4,46 %.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Haris, Asep Jihad. (2013). Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo
Agus Suparjono. (2016). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education (6th ed.). London, New York: Routllege Falmer
Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Harmoko. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams-Achievement Divisions (Stad) Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggunakan Alat Ukur Kelas X Jurusan Teknik Pemesinan Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Jurnal Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 23 (1). 2-3.
Altrichter, Herbert. (2000). Teachers investigate their work An introduction to the methods of action research. London : Routledge
Setya Sipranata. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perbaikan Motor Otomotif Kelas Xi Teknologi Kendaraan Ringan Di Smk Muhammadiyah 1 Salam. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta 2011
Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Mata Padi Presindo
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zulfi Nur Hanifatulloh & Edy Purnomo. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5 (6), 433-438.
DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i1.11752
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
Diindeks dalam:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.