• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • Digitalisasi perangkat pembelajaran mata kuliah pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) | Syofii | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    Digitalisasi perangkat pembelajaran mata kuliah pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together)

    Imam Syofii

    Abstract


    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah expostfacto, yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana pembelajaran pengukuran teknik melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), diterapkan pada mahasiswa pendidikan teknik mesin semester IV TA 2011/2012. Hasil penelitian didapat bahwapengembangan digitalisasi perangkat pembelajaran pengukuran teknik dengan pendekatan kooperatif tipe  NHTpada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Semester IV TA 2011/2012 dinyatakan valid dapat digunakan untuk pembelajaran sehingga hasil belajar mahasiswa melampaui kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar mahasiswa sebesar 77,33 dinyatakan berbeda secara signifikan dengan kriteria ketuntasan minimal sebesar 70, dengan nilai thitung = 3,910 > ttabel,α=5% =1,66. Sedangkan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 80,750% termasuk dalam kriteria 70% ≤ RS < 85% = aktif dan hasil rata-rata aktivitas mahasiswa berlatih soal sebesar 83% termasuk dalam kriteria 85% ≤ RS = sangat aktif.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v1i1.1225

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.