EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR DI SMK NEGERI 1 KOBA

Fansuri Septiawan

Abstract


 

Dalam pembelajaran diperlukan evaluasi untuk mengetahui hasil dari proses pembelajaran. Pada umumnya, evaluasi pembelajaran dilakukan secara tertulis menggunakan kertas dan membutuhkan waktu untuk memeriksanya. Pada masa pandemi COVID-19 sekarang,  dunia pendidikan dalam hal ini sekolah dituntut untuk melakukan proses pembelajaran secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Salah satu caranya dengan menggunakan Google Form. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Form dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Sebagai responden adalah siswa kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Koba yang aktif mengikuti pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor. Dari hasil respon indikator angket didapatkan bahwa sebagian siswa menyatakan penggunaan Google Form sebagai media pembelajaran menunjukan respon positif, ini dapat dilihat dari rata-rata persentase sebesar 72,66% dengan kategori baik. Dengan hasil ini Google Form dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 sebagai alternatif pengganti pembelajaran tatap muka.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.12276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Program Pendidikan Teknik Mesin
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

Diindeks dalam:

      

View JPTM Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.