• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • STUDI TENTANG PELAKSANAAN TEACHING FACTORY SMK DI KOTA MALANG (STUDI MULTI KASUS) | Purnomo | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    STUDI TENTANG PELAKSANAAN TEACHING FACTORY SMK DI KOTA MALANG (STUDI MULTI KASUS)

    Purnomo Purnomo, Widiyanti Widiyanti, Renita Renita, Johan Wayan Dika

    Abstract


    Teaching factory merupakan model pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan berbasis produksi atau jasa, yang berpedoman pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dengan suasana seperti yang ada di industri. Dalam bentuk sederhana, konsep teaching factory merupakan pengembangan unit produksi yang sudah dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah Teaching factory yang telah terlaksana di Kota Malang sudah cukup baik, namun masih belum optimal secara keseluruhan sehingga diperlukan adanya perbaikan serta peningkatan kerja sama yang telah dilakukan sehingga mampu menghasilkan peserta didik yang kompeten di bidangnya.


    Full Text:

    PDF

    References


    Arifman, R. N., & Haryana, K. (2017). Pelaksanaan Teaching Factory di SMKN 1 Magelang Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 21(1).

    Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

    Fajaryati, N. (2012). Evaluasi pelaksanaan teaching factory SMK di Surakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).

    Ifa, M. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada standar kompetensi menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (k3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2).

    Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

    Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory Di Sekolah Kejuruan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

    Pramudyo, A. (2014). Mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean tahun 2015. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 2(2).

    Rochman, F. (2018). Kontribusi pemanfaatan fasilitas praktek di sekolah, pembimbingan prakerin, dan pelaksanaan prakerin terhadap hasil belajar produktif dan kesiapan kerja siswa SMK Program Keahlian TKJ di Kabupaten Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

    Santosa, H. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Program Kompetensi Busana Butik di SMK Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

    Santoso, H. (2017). Pendidikan Karakter untuk Menyiapkan Generasi Indonesia Berkemajuan. In Proseeding Seminar Nasional Pendidikan: Membangun Generasi Berpendidikan dan Religius Menuju Indonesia Berkremajuan.

    Sekaringsih, N. (2018). Pembelajaran Teaching Factory di Jurusan Kriya Kayu SMKN 1 Kalasan. Pend. Seni Kerajinan-S1 (e-Craft), 7(4), 406-416.

    Suharsimi, A. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

    Ulfatin, N. (2015). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative.

    Walidin, W. (2016). Arah pengembangan sumberdaya manusia dalam dimensi pendidikan islam. Jurnal edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 147-163.

    Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v7i2.12416

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.