• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • UJI PERFORMA MESIN MOBIL TAWON 664 CC BERDASARKAN AKSELERASI DAN VARIASI PEMBEBANAN | Faiz | Jurnal Pendidikan Teknik Mesin

    UJI PERFORMA MESIN MOBIL TAWON 664 CC BERDASARKAN AKSELERASI DAN VARIASI PEMBEBANAN

    Muhamad Faiz, Agung Sudrajat, Yusvardi Yusuf

    Abstract


                                                        Abstrak

    Penelitian ini membahas tentang pengaruh Variasi beban terhadap Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui seberapa besar nilai tingkat Akselerasi dan Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dengan menggunakan Variasi beban. Beban ditempatkan di muatan penumpang pada Mobil Tawon 664 cc masing – masing sebesar 80 kg, 160 kg, 240 kg, 320 kg, 400 kg. Penelitian dilakukan dengan membandingkan Variasi beban terhadap muatan penumpang sebanyak 5 variasi beban yang berbeda. Pengujian ini dilakukan mengintari lintasan yang sudah ditentukan yaitu pada jarak 100 m, 200 m, 300 m untuk mengetahui nilai Akselerasi pada Mobil Tawon 664 cc dengan Variasi beban yang berbeda. Sedangkan untuk mengetahui nilai Konsumsi bahan bakar dilakukan di lintasan yang sudah ditentukan dengan ukuran volume yaitu 100 ml per Variasi beban yang berbeda untuk melihat jarak tempuh terjauh untuk setiap kali percobaan. Pada jarak 100 m dapat diketahui bahwa percepatan yang didapat pada mobil tawon 664 cc mampu mencapai sebesar 0,799 m/s. Dengan jarak 200 m mampu mencapai percepatan sebesar 0,760 m/s². Dengan jarak 300 m mampu mencapai percepatan sebesar 0,675 m/s². Hal ini menunjukan bahwa beban muatan 80 kg menjadi beban muatan yang paling optimal, dibandingkan dengan 4 Variasi beban lainnya. Pada putaran mesin 2500 rpm menggunakan variasi beban 80 kg mendapatkan sfc sebesar 0,1000 kg/kwh. Pada putaran mesin 2500 dengan variasi beban 160 kg mendapatakan sfc sebesar 0,1026 kg/kwh. Pada putaran mesin 2500 rpm dengan variasi beban 240 kg mendapatkan sfc sebesar 0,1045 kg/kwh. Pada putaran mesin 2500 rpm dengan variasi beban 320 kg mendapatakan sfc sebesar 0,1079 kg/kwh. Pada putaran mesin 2500 rpm dengan variasi beban 400 kg mendapatkan sfc sebesar 0,1093 kg/kwh. Hal ini menunjukan bahwa  beban muatan 80 kg menjadi konsumsi bahan bakar paling hemat dibandingkan dengan kondisi beban muatan 400 kg.

     

    Kata kunci: Variasi beban, Akselerasi, Konsumsi bahan bakar, Mobil Tawon 664 cc

    Full Text:

    PDF

    References


    Asisten Laboratorium Prestasi Mesin. 2020. Modul Praktikum Konversi Energi. FT Untirta : Cilegon

    Audri D Cappenberg. 2014. Studi tentang beberapa berbagai bahan bakar terhadap prestasi mesin mobil Toyota xxx. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945.

    Darmawansyah. (2015). Pengaruh Pembebanan dan Piutaran Mesin terhadap Torsi dan daya yang dihasilkan mesin Matahari MGX200/SL. FT. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

    Muhamad Jalu Purnomo. (2015) Analisis Konsumsi Bahan bakar (SFC) mesin Lycoming 0-360-A-IAD saat terbang di ketinggian 13500 Ft. Jurusan Teknik Penerbangan STT Adisutjipto.

    I Ketut Adi Atmika. (2017).Konstruksi dan Stabilitas Kendaraan (Kinerja Kendaraan). Bahan Ajar Mata Kuliah Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Udayana

    Rizky Hindrawan, Mufthi Fathonah Muvariz, S.T., M.Eng. Nugroho Pratomo Ariyanto, S.T. MSc..(2016). Pengaruh Variasi Beban Pengemudi Terhadap Penggunaan Bahan Bakar dan Akselerasi Mobil Urban Concept “Nusantara”. Mechanical Engineering, Batam Polytechnics.

    Ratnawati, Mimin Septiani, Fitria. (2019). Analisa Pengaruh berat Roda Daya terhadap Akselerasi Kendaraan Toyota Kijang 7K. Jurusan Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang, Jurusan Teknik Kimia Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang.

    Sugeng Mulyono, Gunawan, Budha Maryanti. (2016). Pengaruh Penggunaan dan Perhitungan Efisiensi bahan bakar premium dan pertamax terhadap unjuk kerja motor bakar Bensin. Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Balikpapan.

    Vladimir Rievaj1 , Ján Vrábel1, František Synák1 , Ladislav. (2018). THE EFFECTS OF VEHICLE LOAD ON DRIVING CHARACTERISTICS. University of Zilina, The Faculty of Operation and Economics of Transport and Communications, Univerzitna 1, 010 26, Zilina, Slovak Repulic, The Institute of Technology and Business, Department of Transport and Logistics, Okruzni 517/10, 37001 ?eské Budejovice, Czech Republic.

    Yopi Handoyo. (2013). Analisa Peforma Engine ESEMKA 1.5 i. Program Studi Teknik Mesin, Universitas Islam 45 Bekasi.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jptm.v8i1.14062

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


     

    Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
    Program Pendidikan Teknik Mesin
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

    Diindeks dalam:

          

    View JPTM Stats

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.